gamerwk.com
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4
No Result
View All Result
gamerwk.com
No Result
View All Result

Review WWE 2K22, Lebih Baik dan Komplit Namun Terasa ‘Kurang Bagus’

Taufik by Taufik
April 8, 2022
in Konsol, PC, PlayStation 4, PlayStation 5, Review, Xbox One, Xbox Series S, Xbox Series X
0
Pada artikel ini kami akan melakukan review game WWE 2K22. Apakah bakal bisa memuaskan hasrat para gamer dan fans? Mari simak!

Pada artikel ini kami akan melakukan review game WWE 2K22. Apakah bakal bisa memuaskan hasrat para gamer dan fans? Mari simak!

Share ke FacebookShare ke TwitterShare ke Telegram

Kacau dan ancur, mungkin adalah beberapa kata yang tepat untuk menggambarkan bagaimana perilisan WWE 2K20 dua tahun silam dimana game tersebut mendapatkan kritikan pedas. Entah dari gameplay hingga kualitas visual yang ancur-ancuran. Namun, 2K memutuskan untuk rehat satu tahun dan kembali dengan WWE 2K22.

2K tahun ini menjanjikan berbagai perombakan mulai dari gameplay, visual, hingga mode baru untuk memuaskan hasrat para fans. Apakah memang seperti itu? Nah, pada artikel ini kami akan melakukan review game WWE 2K22. Mari simak!

Gameplay Lebih Solid dengan Combo

WWE 2K22 mengubah fundamental gameplaynya secara besar-besaran. Kini terdapat “combo” untuk berbagai serangan layaknya main Street Fighter atau Tekken. Misalnya untuk memukul lawan, terdapat Light Strikes (▢),Heavy Strikes (X), atau Grab (O). Keduanya bisa kamu kombinasikan dan mejadi combo. Misalnya ▢▢▢X atau ▢XXO dan lain-lain. Sistem seperti itu menurut saya bagus dan tidak terkesan monoton layaknya game jadul.


Sementara untuk sistem bertahan,  pemain bisa melakukan Reversal atau istilahnya “parry” dan mengembalikan serangan lawan. Parry tersebut harus dengan timing yang tepat karena kesempatan untuk mengangkisnya hanya ketika musuh menekan tombol pertama untuk Combo, artinya jika combo musuh sudah berjalan, kamu tidak akan bisa menangkisnya.


Meski begitu, masih ada beberapa hal konyol yang tidak saya suka disini. Misalnya adalah ketika ketika memukul lawan, namun lawan sedang proses bangun setelah tepar, pukulanmu terkadang tidak bisa mengenai musuh sampai ia benar-benar dalam posisi idle. Hal-hal konyol seperti itu tidak seharusnya diimplementasikan pada sebuah game gelut yang fleksibel.


Hal lain yang saya suka adalah gameplay di game ini sangat newbie friendly, dalam artian ada beberapa hint ketika bertarung misalnya ketika ingin melakukan Reversal atau ketika ingin melakukan serangan Finisher, maka akan ada hint sebuah tombol yang harus ditekan. Jadi sebagai newbie kamu akan bisa memahaminya lebih cepat.

Sejauh ini sudah ada 172 karakter yang bisa dimainkan, sudah termasuk DLC.

MyGM Buat yang Doyan Hiburan ala WWE

MyGM adalah fitur yang comeback dan baru hadir di WWE 2K22, setelah dihapus sejak tahun 2008 (WWE SmackDown vs. Raw 2008). Jika kamu pernah main FIFA atau NBA, kurang lebih fiturnya sama seperti itu. Namun bukan piala atau prestasi yang dikejar, melainkan rating dan uang.

Kamu akan menjadi seorang General Manager yang memiliki sebuah tim dan memilih satu diantara tiga cabang WWE yaitu Smackdown, RAW, atau NXT. Pada tim tersebut kamu akan merekrut berbagai pegulat dan mengatur berbagai pertandingan yang bisa disaksikan oleh para fans. Jika rating pertandingan tersebut tinggi, maka pundi pundi keuntungan semakin banyak mendapatkan.

Menurut saya, fitur ini sangat seru bagi yang suka industri hiburan seperti WWE karena saya bisa mengatur berbagai hal seru dari pertandingan lain ke pertandingan selanjutnya.


Namun kesan “seru” tersebut cuma berlaku bagi yang sudah paham dengan industrinya. Bagi yang tidak paham apa-apa mengenai industri WWE, pasti bakal bingung meskipun ada tutorial didalamnya, kamu mesti nonton dan paham mengenai seluk beluknya. Jadi bagi yang baru main menurut saya mode MyGM ini tidak ramah bagi pemula.

MyRise yang Bikin Gamenya Jadi Seru

Disini kamu akan membangun karirmu sebagai pegulat, membuat karakter sendiri, dan meraih prestasi sebanyak-banyaknya dan menjadi pegulat paling terkenal. Bertarung, bertarung, bertarung, mungkin adalah kata yang tepat untuk menggambarkan mode MyRise ini.


MyRise memiliki segudang aspek menarik. Pertama adalah setiap keputusanmu bisa mengubah jalan cerita. Misalnya, kamu bisa mejadi “good boy” yang selalu menolong rekan atau tidak ingin cari masalah atau “bad boy” yang selalu cari masalah dan melawan orang-orang didepanmu. Menariknya, image mengenai dirimu bisa berubah ditengah-tengah jalan cerita.


Pada MyRise, sebagian dialog tidak cuma ketika berbicara langsung, melainkan juga melalui sosial media. Melalui sosial media, kamu akan mendapatkan tawaran bertarung untuk Quest Utama atau sekedar Side Quest. Hal yang seru di MyRise adalah kamu bisa terlihat konflik secara tiba-tiba layaknya drama di WWE. Jadi tidak terlalu monoton dan sekedar bertarung aja, namun ada bumbu drama layaknya WWE yang biasa kamu saksikan di TV.

Berbeda dengan MyGM yang terkesan sulit bagi newbie, MyRise lebih mudah dipahami karena kamu akan diajarkan seluk beluk WWE. Mulai dari debut, hingga menjadi terkenal, lengkap dengan berbagai drama dan konflik yang biasanya terjadi.

Selain yang saya sebutkan di atas, ada juga beberapa mode lain, diantaranya:

  • Showcase: Kamu akan berperan sebagai Rey Misterio. Disini, pemain diajak menjadi pegulat legendaris berdarah Meksiko tersebut lewat pertandingan-pertandingan yang menjadi tonggak sejarah kariernya antara 1997 sampai 2020.
  • Universe: Pemain bisa mengatur berbagai pertandingan semenarik mungkin dengan berbagai plot twist dan drama dengan bebas hingga ke semua aspek. Ada juga mode Superstar dimana hanya akan berfokus untuk mengatur

MyFaction – Ala “FUT” Tapi Single-Player

Salah satu fitur besar di mode multiplayer ada MyFaction, mode ini mirip seperti FUT di FIFA, benar-benar mirip. Perbedaannya? Inilah adalah mode Single-Player, Jadi kamu  tidak akan bertarung dengan pemain lain, tapi hanya melawan AI.


Jika di FIFA kamu akan membentuk sebuah tim, di MyFaction kamu akan membuat sebuah faksi yang berisikan para pegulat dari Men Division, Women Division, lengkap dengan Manager juga. Faction yang kamu miliki bisa dimodifikasi mulai dari nama hingga logo yang digunakan.

Beberapa mode yang bisa kamu mainkan di MyFaction:

  • Proving Grounds: Seperti mode Campaign, kamu akan menjalani berbagai tantangan dari Chapter 1 hingga 5. Setiap chapter terdapat berbagai reward berupa kartu dengan rarity yang lumayan tinggi. Semakin tinggi tingkat kesulitan, semakin bagus rewardnya.
  • Faction Wars: Compete with other faction (AI), the more win streak you have, more reward you get.
  • Weekly Towers: layaknya tantangan mingguan yang mesti diselesaikan setiap minggunya.


Jika kamu ada orang yang kompetitif, kamu mungkin akan merasa bosan karena semua musuh bahkan hingga tingkat kesulitan tertinggi gampang banget buat dilawan. Rasanya percuma jika sudah beli Pack mahal dan mendapatkan kartu dengan rarity tinggi, jika kamu bisa mengalah lawan tersulit dengan kartu yang biasa saja.

Multiplayer yang Ala Kadarnya

Untuk Multiplayer, terdapat lobby untukmu membuat room dan mengundang temanmu ntuk main bareng atau dengan pemain lainnya. Ada juga Quick Match untukmu random matchmaking dan bertarung dengan pemain lain di seluruh dunia. Tidak ada mode yang istimewa pada multiplayer ini menurut saya.

Kostumisasi Karakter yang Tetap Apik

Saya dari dulu suka banget kostumisasi karakter yang ada di game WWE. Bisa dibilang sangat lengkap, bahkan lebih lengkap dari game olahraga lain atau game MMORPG sekalipun.


Kamu bisa mengubah berbagai bentuk wajah, tubuh, bagian lebih kecil seperti betis atau paha. Mengatur makeup, tatoo, dan juga sacar. Bahkan disini bisa mengatur bulu badan posisinya ingin ditaruh mana. Selain itu yang saya suka adalah ketika mengatur warna rambut, kamu bisa mengubah warnanya menggunakan sebuah spray ke tempat yang diinginkan.

Visual Lebih Baik Namun Biasa Saja

Mereka benar-benar merombak kualitas visualnya menjadi lebih baik dari dua tahun sebelumnya yang benar-benar dikritik pedas. Namun menurut saya, kualitas visualnya memang “lebih baik” dari sebelumnya, namun tidak istimewa untuk sebuah game yang juga dirilis di PS5.


Hal yang paling saya tidak suka dari segi animasinya yang terkesan buruk. Bagaimana orang berbicara tidak sinkron dengan mulut serta mata, jika kamu melihatnya terkesan aneh. Bahkan untuk animasi di gameplay terkadang juga suka tidak responsif.

Kesimpulan

WWE 2K22 hadir dengan banyak improvisasi dengan perubahan yang lumayan signifikan. Yang paling kerasa adalah dari sisi gameplay dengan sistem combo yang membuat gamenya menjadi lebih hidup. Saya berani bilang kalau sistem seperti ini sangat bagus dan mungkin perlu dipertahankan atau bahkan dibuat lebih bagus lagi untuk seri kedepannya. Ditambah lagi dengan segudang mode, seri WWE tahun ini benar-benar lebih baik.

Namun menjadi lebih baik bukan berarti sudah bagus, masih ada beberapa hal yang kami tidak suka, terutama dari sisi kualitas visual yang masih terkesan “biasa saja” dan animasinya yang masih terlihat buruk. Namun saya tetap apresiasi peningkatan yang sudah ada dari seri sebelumnya yang ancur parah.

Jika tertarik untuk memainkannya, WWE 2K22 tersedia untuk PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X|S, dan juga PC melalui Steam. Kamu bisa kunjungi situs resminya DI SINI untuk berbagai informasi lebih lanjut.

Pastikan untuk mengikuti perkembangan berita game lainnya di Gamerwk.

Hi guys, kami akhirnya sudah punya akun X dan YouTube resmi! Langsung saja follow:
 
Follow @GamerwkID
 

Jangan lupa untuk cek channel TikTok kami!
@gamerwk_id

The Review

WWE 2K22

6.5 Score

PROS

  • Sistem combo buat gameplay makin solid
  • Ada banyak mode single-player untuk dinikmati
  • Improvisasi kualitas visual yang sudah lebih baik

CONS

  • Animasi yang masih buruk
  • Gameplay terkadang terasa kurang responsif
  • Tidak cocok buat yang kompetitif

Review Breakdown

  • 6.5 0
Tags: 2K GamesWWE 2K22
ShareTweetShare
Previous Post

YouTuber PelleK Jadi Pengisi Lagu Opening Anime Isekai ‘Gaikotsu Kishi-sama’

Next Post

Kingdom Hearts 4 Resmi Diumumkan, Bawa Setting Dunia Modern!

Related Posts

Cygames telah meresmikan brand barunya yang diberi nama CygamesEdge serta Where the Winds Fall sebagai game debutnya
Berita

Cygames Resmikan Brand Baru Bernama CygamesEdge dan Game Pertama Timnya

September 4, 2026
Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Katanya karena hardware makin naik.
Android

Xbox Cloud Gaming Bakal Dibatasi Maksimal 15 Jam per Bulan

September 4, 2026
Sony ikut meramaikan hype GTA lewat hardware baru yang diperlihatkan dalam rangkaian State of Play berupa DualSense.
Berita

Sony Umumkan DualSense Edisi GTA 6 Seharga 1,5 Juta Rupiah

September 4, 2026
Pearl Abyss resmi ngumumin Charting the Unknown, DLC cerita pertama buat Crimson Desert yang ternyata nggak perlu ditunggu lama.
Berita

Crimson Desert Dapatkan DLC Eksplorasi Bawah Laut dan Naval Combat

September 4, 2026
Wawancara Final Fantasy Resonance – Pentingnya Membangkitkan Pesona Klasik yang Dirindukan Fans!
Konsol

Wawancara Final Fantasy Resonance – Pentingnya Membangkitkan Pesona Klasik yang Dirindukan Fans!

September 4, 2026
Konami kemarin malam resmi mengumumkan proyek game original barunya yang dikemas sebagai action adventure berjudul Rhapsody in Scarlet
Berita

Rhapsody in Scarlet Diumumkan, Game Action Adventure Original Terbaru dari Konami

September 4, 2026
Next Post
Square Enix akhirnya resmi mengumumkan Kingdom Hearts 4 yang tengah berada dalam tahap pengembangan aktif

Kingdom Hearts 4 Resmi Diumumkan, Bawa Setting Dunia Modern!

Discussion about this post

FACEBOOK KAMI

YOUTUBE KAMI

TWITTER/X KAMI

Follow @GamerwkID

UPDATE MOBILE GAMES

Blizzard kini sudah memulai fase soft launch untuk game mobile Overwatch Rush di beberapa wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia

Overwatch Rush Sudah Memasuki Fase Soft Launch di Indonesia

by Fadhil
September 4, 2026
0

Blizzard kini sudah memulai fase soft launch untuk game mobile Overwatch Rush di beberapa wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Katanya karena hardware makin naik.

Xbox Cloud Gaming Bakal Dibatasi Maksimal 15 Jam per Bulan

by Taufik
September 4, 2026
0

Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Mulai November, setiap paket Game Pass cuma...

Tanpa diduga, Studiobside telah mengumumkan lanjutan CounterSide yang EOS minggu lalu lewat game baru berjudul COUNTERSIDE:A [ANTEXILIAN]

CounterSide Umumkan Game Barunya yang Diberi Judul COUNTERSIDE:A [ANTEXILIAN]

by Fadhil
September 2, 2026
0

Tanpa diduga, Studiobside telah mengumumkan lanjutan CounterSide yang EOS minggu lalu lewat game baru berjudul COUNTERSIDE:A .

Akses pra-registrasi untuk BLEACH Mirrors High kini sudah tersedia via platform Google Play dan App Store

Pra-Registrasi BLEACH Mirrors High Sudah Dibuka yang Janjikan Banyak Reward Menarik!

by Fadhil
September 2, 2026
0

Akses pra-registrasi untuk BLEACH Mirrors High kini sudah tersedia via platform Google Play dan App Store.

Baru sebulan sejak rilis, Suikoden STAR LEAP sudah siap mendapatkan update besar yang langsung dipuji pemain Jepang.

Baru Sebulan Rilis, Update Besar Suikoden STAR LEAP Dipuji Pemain Jepang

by Taufik
September 2, 2026
0

Baru sebulan sejak rilis, Suikoden STAR LEAP sudah siap mendapatkan update besar yang langsung dipuji pemain Jepang. Game free-to-play yang...

  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami

© 2020 - 2025 Digital Braves Media Group Sdn Bhd

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4

© 2020 - 2025 Digital Braves Media Group Sdn Bhd