gamerwk.com
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4
No Result
View All Result
gamerwk.com
No Result
View All Result

Review SpellForce: Conquest of Eo – Strategi Rumit Unik yang Mudah Dipahami

Taufik by Taufik
February 3, 2023
in PC, Review
0
Review SpellForce: Conquest of Eo – Strategi Rumit Unik yang Mudah Dipahami
Share ke FacebookShare ke TwitterShare ke Telegram

Saat ini kebanyakan game yang tersebar, terutama yang memiliki genre RPG sangat didominasi dengan banyak game action. Tidak mengherankan memang karena gameplaynya lebih mudah untuk dinikmati oleh banyak gamer kekinian. Meski begitu, masih ada segelintir game RPG yang berbasis turn-based strategy yang digemari sebagian gamer. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah SpellForce: Conquest of Eo besutan Owned by Gravity dan THQ Nordic.

SpellForce: Conquest of Eo adalah game terbaru dengan konsep RPG turn-based strategy dengan konsep yang unik dimana tactical combat dengan ratusan quest hingga puluhan “sihir” dan artifak yang dijadikan dalam satu kesatuan gameplay. Kami mendapatkan kesempatan untuk nyobain SpellForce: Conquest of Eo untuk menumpahkan impresinya di artikel review ini. Mari simak!

Presentasi yang Beragam

Seperti pada game “strategi” pada umumnya, di awal permainan Anda mesti memiliki sebuah Archetypes atau istilah gampangnya seperti sebuah faksi. Setelah itu, Anda akan mendapatkan 5 pilihan lokasi pertama untuk muncul. Setiap lokasi memiliki tantangan tersendiri, susah gampangnya bergantung cara bermain. Misalnya ada tempat dengan banyak musuh tapi minim sumber daya, begitu juga sebaliknya. Ada juga tempat yang subur seperti Goldenfields yang seimbang dari sisi sumber daya dan juga musuh yang dihadapi.

Ketika sudah selesai memilih faksi dan juga lokasi yang diinginkan, Anda bisa memilih tingkat kesulitan mulai dari Story Mode, Explorer, Balanced, Hard, dan juga Impossible. Tiap tingkat kesulitan akan berpengaruh pada progress dunianya, agresivitas dan kemampuan musuh, ekonomi, dan AI.

Berbicara soal Archetypes atau faksi. Mereka memiliki 3 jenis, yaitu Alchemist, Necromancer, dan Artificer. Masing-masing dari mereka memiliki gaya bermain yang unik dan berbeda-beda caranya. Selain itu, jika Anda tidak menyukai 3 arketipe yang mereka tawarkan, Anda dapat membuatnya sendiri. Ya, kalian bisa membuat faksi sendiri.

Pertama, Anda harus memilih crafting (alchemy, necromancy and artificing). Kemudian, Anda memiliki Primary School dan Secondary School yang membawa banyak jenis gaya bermain yang berbeda. Ada 6 jenis “sekolah” yang bisa dipilih dan bakal menentukan seperti apa Archetypes yang didapatkan, yaitu Death, Earthmaster, Enchantment, Guardian, Mentalism dan Nature.

Basis Gameplay yang Masif

SpellForce: Conquest of Eo adalah game dengan konsep RPG turn-based strategy. Anda butuh banyak “kesabaran” ketika menikmati game seperti ini karena memiliki tempo yang lambat hingga berbagai manajemen mikro yang cukup masif. Ada begitu banyak teks yang melimpah dilayar dimana Anda harus membacanya dan memahaminya agar bisa memainkan game ini dengan mudah.

Pertama Anda harus mengetaui cara membangun dan berbagai fungsi bangunan, terutama seperti tower yang akan melindungi markas Anda. Kedua, Anda juga harus tahu betul bagaimana mempertahankan serta mengatur sumber daya seperti Gold, Mana, dan juga Point Research. Ketiga, Anda juga mesti memahami mengatur masukan dan kekuatan musuh, bukan sekedar banyak atau sedikit, tetapi harus paham betul kekuatan musuh seperti apa.

Tujuan utamanya? Anda harus menaklukan tanah Eo dengan melahkan semua faksi yang ada. Selain faktor diatas, Anda juga mesti mengatur berbagai hal kecil lainnya seperti “spell” atau sihir apa saja yang bisa digunakan, ada puluan pilihan. Selain itu, ada juga ratusan misi yang bisa Anda temukan pada setiap perjalanan dan petualangan di game ini.

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, game ini memiliki keunikan dengan ratusan jenis quest atau misi yang bakal bisa ditemukan di game. Menyelesaikan satu buah misi, Anda akan menemukan dua cabang misi lainnya. Meski begitu, untungnya para pemain tidak harus menyelesaikan semua misi dan cukup berfokus pada quest utama saja.

Namun sayangnya, untuk misi yang dijalankan kalian tidak akan memiliki “tracker”. Kalian hanya melakukan sesuai apa yang diperlihatkan pada layar. Petunjuk main quest cuma diperlihatkan dengan tanda mahkota diatas. Menurut kami dengan gameplay yang sudah mudah dipahami, hal ini malah bisa mempersulit sebagian pemain.

Ada beberapa manajemen mikro lainnya yang harus Anda perhatikan dan atur sedemikian rupa. Beberapa diantaranya adalah:

  • Tower: Bangunan yang berguna untuk mengatur pasukan, memperkuatnya. Anda juga bisa merebutnya dari musuh untuk menaklukan area tertentu.
  • Mastery: Semacam limitasi untuk menampung sebanyak apa Mana yang bisa Anda gunakan untuk mengeluarkan spell.
  • Grimoire: Semacam buku sihir untuk Anda bisa menguasai berbagai spell yang berbeda-beda, semakin banyak maka akan bervariasi strategi Anda dilapangan.
  • Allfire Flow: Untuk menentukan fokus Anda ke arah Proficiency, Mana, atau Research.
  • Ingredients: Bahan-bahan untuk crafting sesuatu
  • Hiring: Sesuai dengan namanya, disini Anda bisa merekrut berbagai jenis pasukan.
  • Apprentice: Semacam “hero” yang bisa membawa pasukan khusus dibelakangnya. Memiliki kemampuan yang unik dan juga atribut yang luar biasa. Anda bisa merekrutnya kapan saja.
  • Hero: Pasukan khusus yang bisa Anda panggil dipertarungan jika benar-benar membutuhkan bantuan tambahan yang kuat.
  • Faction: Tidak cuma memikirkan diri sendiri atau musuh, Anda juga bisa berteman dengan faksi lain, meninggikan reputasi, atau jika reputasi buruk Anda bisa diajak perang terus-menerus.

Mekanisme Bertarung yang Mudah Dipahami

Menurut kami, mekanisme combat atau bertarungnya disini sangat mudah dipahami. Seperti game strategi pada umumnya, intinya, Anda menggerakan pasukan lalu memposisikannya ke arah musuh untuk menghajarnya. Perbedaannya ada dibagian “strategi” yang lebih bervariasi karena banyaknya jenis pasukan, hero, dan juga spell yang bisa digunakan di dalam game.

Pada medan perang, Anda akan memiliki tumpukan pasukan yang bisa dikendalikan. Masing masing dari mereka memiliki langkah yang berbeda tiap turn. Untuk pasukan jarak jauh, mereka akan memiliki beberapa kelemahan jika musuh berada di posisi yang jauh dengan damage yang berkurang. Tiap spell atau sihir juga memiliki jangkauan serangan yang berbeda-beda dengan efek yang berbeda. Ada yang untuk heal, stun, confuse, mengurangi damage / defense, dan lain-lain.

Gamenya juga memiliki fitur Auto Resolve, atau istilahnya quick battle jika Anda ingin skip ke hasil akhir pertarungan. Ada semacam “prediksi” untuk mengukur kemampuan Anda dan juga lawan. Dari prediksi tersebut Anda bisa mengatur strategi dan menghitung apakah bakal menang atau tidak. Strategi yang berbeada meskipun dengan pasukan yang sama bisa mempengaruhi hasil.

Visual yang Tidak Jelek, Tetapi Juga Tidak Bagus

Jika berbicara soal kualitas visual, kami sebenarnya tidak memiliki protes dan disisi lain juga tidak ada hal yang istimewa disini. Kualitas visualnya terasa pas untuk game berbasis strategi. Meskipun harus diakui juga kalau ada beberapa tempat yang bisa membuatnya terlihat bagus seperti Goldenfields yang kami pilih dengan pemandangan hijau sejauh mata memandang. Kualitas visualnya juga terlihat cukup detail ketika anda zoom ke arah objek-objek tertentu.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, SpellForce: Conquest of Eo adalah game RPG strategi dengan mekanisme gameplay yang kompleks dan masif. Bumbu-bumbu yang rumit seperti itu memang sudah wajib dalam sebuah game strategi dan sang developer bisa mengeksekusinya dengan bagus. Baik dari segi gameplay rumit tapi tetap mudah dipahami hingga visual yang terlihat lumayan.

Jika Anda adalah gamer yang memang aktif memainkan game strategi mungkin akan sedikit menganggap game ini terlalu mudah, tapi disisi lain gamenya juga gampang dimainkan untuk para pendatang baru yang ingin nyobain game dengan genre seperti ini.

SpellForce: Conquest of Eo dirilis pada 3 Februari di PC melalui Steam dan juga Epic Games Store. Jangan lupa kunjungi situs resminya DI SINI untuk berbagai informasi lebih lanjut.

Pastikan untuk mengikuti perkembangan berita game lainnya di Gamerwk.

Hi guys, kami akhirnya sudah punya akun X dan YouTube resmi! Langsung saja follow:
 
Follow @GamerwkID
 

Jangan lupa untuk cek channel TikTok kami!
@gamerwk_id

The Review

SpellForce: Conquest of Eo

7 Score

PROS

  • Gameplay yang mudah dipahami
  • Ragam gameplay dan misi yang unik
  • Kualitas visual yang "pas"

CONS

  • Ada beberapa mekanisme yang terlalu rumit untuk dipahami
  • Tidak memiliki tracker untuk misi atau quest

Review Breakdown

  • 7 0
Tags: ReviewSpellForce: Conquest of EoTHQ Nordic
ShareTweetShare
Previous Post

Redfall Wajibkan Pemainnya Terhubung ke Internet Meski Bermain Solo

Next Post

Unboxing SpongeBob SquarePants: The Cosmic Shake BFF Collector’s Edition – Paket Mewah Untuk Fans!

Related Posts

Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Katanya karena hardware makin naik.
Android

Xbox Cloud Gaming Bakal Dibatasi Maksimal 15 Jam per Bulan

September 4, 2026
Pearl Abyss resmi ngumumin Charting the Unknown, DLC cerita pertama buat Crimson Desert yang ternyata nggak perlu ditunggu lama.
Berita

Crimson Desert Dapatkan DLC Eksplorasi Bawah Laut dan Naval Combat

September 4, 2026
Wawancara Final Fantasy Resonance – Pentingnya Membangkitkan Pesona Klasik yang Dirindukan Fans!
Konsol

Wawancara Final Fantasy Resonance – Pentingnya Membangkitkan Pesona Klasik yang Dirindukan Fans!

September 4, 2026
Konami kemarin malam resmi mengumumkan proyek game original barunya yang dikemas sebagai action adventure berjudul Rhapsody in Scarlet
Berita

Rhapsody in Scarlet Diumumkan, Game Action Adventure Original Terbaru dari Konami

September 4, 2026
Rev. NOiR bagi segudang detail baru yang dibagikan lewat ajang presentatiPlayStation State of Play serta Konami Press Start kemarin malam
Berita

Rev. NOiR Kembali Dipamerkan dengan Banyak Detail Baru!

September 4, 2026
Capcom akhirnya memamerkan trailer perdana Monster Hunter Wilds: Ascendance yang terlihat epik dan penuh beragam detail menarik
Berita

Monster Hunter Wilds: Ascendance Pamer Trailer Perdana yang Ungkap Beragam Konten Menarik

September 4, 2026
Next Post
Kami mendapatkan kesempatan untuk melakukan unboxing SpongeBob SquarePants: The Cosmic Shake versi BFF Collector's Edition.

Unboxing SpongeBob SquarePants: The Cosmic Shake BFF Collector’s Edition - Paket Mewah Untuk Fans!

Discussion about this post

FACEBOOK KAMI

YOUTUBE KAMI

TWITTER/X KAMI

Follow @GamerwkID

UPDATE MOBILE GAMES

Blizzard kini sudah memulai fase soft launch untuk game mobile Overwatch Rush di beberapa wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia

Overwatch Rush Sudah Memasuki Fase Soft Launch di Indonesia

by Fadhil
September 4, 2026
0

Blizzard kini sudah memulai fase soft launch untuk game mobile Overwatch Rush di beberapa wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Katanya karena hardware makin naik.

Xbox Cloud Gaming Bakal Dibatasi Maksimal 15 Jam per Bulan

by Taufik
September 4, 2026
0

Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Mulai November, setiap paket Game Pass cuma...

Tanpa diduga, Studiobside telah mengumumkan lanjutan CounterSide yang EOS minggu lalu lewat game baru berjudul COUNTERSIDE:A [ANTEXILIAN]

CounterSide Umumkan Game Barunya yang Diberi Judul COUNTERSIDE:A [ANTEXILIAN]

by Fadhil
September 2, 2026
0

Tanpa diduga, Studiobside telah mengumumkan lanjutan CounterSide yang EOS minggu lalu lewat game baru berjudul COUNTERSIDE:A .

Akses pra-registrasi untuk BLEACH Mirrors High kini sudah tersedia via platform Google Play dan App Store

Pra-Registrasi BLEACH Mirrors High Sudah Dibuka yang Janjikan Banyak Reward Menarik!

by Fadhil
September 2, 2026
0

Akses pra-registrasi untuk BLEACH Mirrors High kini sudah tersedia via platform Google Play dan App Store.

Baru sebulan sejak rilis, Suikoden STAR LEAP sudah siap mendapatkan update besar yang langsung dipuji pemain Jepang.

Baru Sebulan Rilis, Update Besar Suikoden STAR LEAP Dipuji Pemain Jepang

by Taufik
September 2, 2026
0

Baru sebulan sejak rilis, Suikoden STAR LEAP sudah siap mendapatkan update besar yang langsung dipuji pemain Jepang. Game free-to-play yang...

  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami

© 2020 - 2025 Digital Braves Media Group Sdn Bhd

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4

© 2020 - 2025 Digital Braves Media Group Sdn Bhd