gamerwk.com
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4
No Result
View All Result
gamerwk.com
No Result
View All Result

Langkah Awal yang Menjanjikan, Wawancara Escape from Naraka Bersama Irfan Sarwono

Fadhil by Fadhil
March 15, 2021 - Updated on July 31, 2021
in Wawancara
0
Mengintip lebih dalam Escape from Naraka, game indie pertama dari developer lokal Xelo Games

Mengintip lebih dalam Escape from Naraka, game indie pertama dari developer lokal Xelo Games

Share ke FacebookShare ke TwitterShare ke Telegram

Sudah bukan rahasia memang kalau saat ini industri game Indie di Indonesia sudah memasuki fase baru yang lebih menjanjikan dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk 2021 saja, kita sudah melihat sekian banyak judul game Indie terbaru dari developer lokal yang sangat mengundang perhatian. Salah satu dari game tersebut adalah Escape from Naraka, yang merupakan proyek pertama dari developer lokal bernama Xelo Games.

Dari ulasan berita yang pernah kami rangkum sebelumnya, Escape from Naraka adalah game petualangan yang mengusung gameplay 3D platformer seru dan menantang. Selain dari gameplay yang intens, daya tarik dari game ini juga terletak dari setting dunianya yang mengusung nuansa tradisional Bali dan memberikan sentuhan lokal yang khas ke gamenya. Meskipun tidak mengusung genre horror, namun setting dunianya tetap memiliki nuansa mencekam yang unik.

Karena terbawa rasa penasaran, kami belum lama ini mendapat kesempatan untuk mewawancarai Irfan Sarwono yang merupakan Founder sekaligus Game Director – Xelo Games. Daripada penasaran, langsung saja simak rangkuman wawancaranya di bawah ini.

GamerWK: Sebagai game indie pertama dari Xelo Games, apa yang menjadi inspirasi utama dalam pengembangan Escape from Naraka? seperti dari mana percikan inspirasi untuk membuat game ini pertama kali muncul?

Dark Deception adalah game yang menjadi inspirasi utama dari pengembangan Escape from Naraka

Irfan: Saat pertama kali tim terbentuk pada Bulan April 2020 kemarin, sama sekali belum memiliki ide game apa yang ingin kami buat. Yang jadi patokan kita hanyalah keterbatasan dana, waktu dan jumlah tim, kami ingin membuat game simpel yang dapat dikerjakan oleh 3 orang dalam waktu kurang dari satu tahun. Lalu kami memilih game berjudul Dark Deception sebagai inspirasi, game yang sangat simpel basically Pac Man tapi dapat di eksekusi dengan baik.

GamerWK: Selama jalannya pengembangan apakah ada diskusi soal ide untuk menjadikannya sebagai game horror murni, third-person action, atau genre lainnya?

Irfan: Kita memfokuskan genre Platformer, dan kenapa memilih first-person kembali lagi karena keterbatasan waktu dan jumlah tim kami. Dengan first-person kami tidak perlu membuat karakter model pemeran utama, cukup tangannya saja. Dengan keterbatasan tersebut tantangan kita adalah bagaimana agar game Escape from Naraka tetap menarik untuk dimainkan.

GamerWK: Kita melihat bagaimana Escape from Naraka mengambil inspirasi kuat dari mitologi lokal Bali. Jadi apa saja proses yang harus dilalui pihak tim pengembang untuk menciptakan setting dunia dengan wujud autentik tersebut?

Irfan: Saya meluangkan waktu 1 bulan di Bali untuk mempelajari dan mengambil beberapa foto sebagai referensi yang dapat dipakai kedalam wujud digital atau wujud game.

GamerWK: Escape from Naraka, setidaknya dari yang terlihat sejauh ini terasa seperti game yang sangat berfokus murni pada gameplay platformingnya. Untuk itu apakah alur dalam game ini juga akan membawa pemain dalam sebuah momen cerita yang ditampilkan dalam cutscene?

Irfan: Yes, kita akan menggunakan cutscene untuk menyampaikan ceritanya.

GamerWK: Apakah ada berbagai macam stage atau jenis musuh lain yang sengaja belum diperlihatkan?

Irfan: Yes, banyak sekali stage dan musuh yang belum ditampilkan.

GamerWK: Bagaimana jalannya proses pengembangan Escape from Naraka setelah berhasil menggaet publisher ternama Headup?

Irfan: Awalnya kita ingin kerjasama dengan Publisher lokal, karena tujuan utama kami memang ingin memajukan industri game lokal, tapi ternyata responnya lumayan rumit dan panjang, karena banyak dokumen yang perlu kami isi sedangkan waktu kami terbatas sekali, kami ingin fokus membuat game bukan mengisi dokumen yang panjang. Lalu kita memutuskan untuk mencari opsi lain yaitu Publisher luar negeri, dan benar saja respon mereka lebih cepat dan tidak rumit, tidak ada dokumen apapun yang perlu kami isi kecuali kontrak kerjasama, sehingga cocok dengan timeline kami. Dan peran Headup sangat membantu dalam pengembangan game Escape from Naraka, sebelum mendapat publisher saya tidak bisa fokus kedalam produksi, karena ditengah pembuatan game saya masih harus mengurus marketing, meeting dll. Dengan adanya Headup sebagai publisher saya tidak perlu lagi khawatir dengan urusan marketing, saya bisa fokus menambah konten dan mempercantik game Escape from Naraka. Tidak hanya itu, kita disupport Headup dengan hardware yang lebih memadai untuk meningkatkan kualitas game Xelo.

GamerWK: Masukan/feedback apa saja yang paling banyak diberikan pemain setelah meluncurkan versi demonya di Steam?

Irfan: Tambah musik dong.

GamerWK: Kita sudah tahu kalau gamenya akan direncanakan rilis di PC via Steam, jadi apakah ada kemungkinan untuk membawanya juga ke platform lain?

Irfan: Kita memang sudah mendesain Escape from Naraka untuk platform console, tapi Publisher kami menyarankan untuk fokus di PC dulu. Setelah itu kita dapat porting ke platform lain.

GamerWK: Mungkin ini terlalu awal untuk dibicarakan, tapi apakah Xelo Games sudah memiliki gambaran kasar atau rencana mengenai proyek game selanjutnya setelah Escape from Naraka?

Pengembangan Escape from Naraka ternyata sudah selesai dan masih dalam tahap penyempurnaan, yang diikuti dengan produksi game kedua Xelo Games yang dimulai bulan ini

Irfan: Escape from Naraka sebenarnya sudah selesai, kita hanya implementasi beberapa teknologi yang disediakan oleh Headup, jadi kami sudah bisa memulai produksi game kedua bulan ini.

GamerWK: Apakah ada pesan untuk para pembaca GamerWK serta para pemain yang menantikan gamenya?

Irfan: Mohon dukungan dari teman-teman semua untuk membagikan info mengenai game kami ke teman atau media sosial agar komunitas kami juga bisa terus berkembang. Impian kami industri game di Indonesia dapat terus berkembang dan sejajar nantinya dengan game dari negara maju seperti Jepang dan Amerika. Jangan lupa wishlist di Steam.

Escape From Naraka sendiri rencananya akan dirilis di PC pada kuartal ketiga 2021. Informasi terupdate seputar game ini serta proyek lainnya dari Xelo Games bisa kamu pantau pada website resminya DI SINI.

Pastikan untuk mengikuti perkembangan berita game lainnya di Gamerwk.

Escape from Naraka
Release Date: 2021-07-29
PC
Escape from Naraka adalah game petualangan yang mengusung gameplay 3D platformer seru dan menantang. Dalam game ini kamu mengemban misi untuk menyelamatkan orang yang dicintai dari genggaman iblis Rangda si Leyak Queen. Tugasmu? Adalah untuk bertahan hidup dari sekian banyak bahaya yang mengancam nyawa dan kabur dari Naraka.
Hi guys, kami akhirnya sudah punya akun X dan YouTube resmi! Langsung saja follow:
 
Follow @GamerwkID
 

Jangan lupa untuk cek channel TikTok kami!
@gamerwk_id
Tags: Escape From NarakaHeadupIndieIndonesiaWawancaraXelo Games
ShareTweetShare
Previous Post

Kolaborasi Genshin Impact x KFC di China Berakhir Terlalu Heboh dan Diluar Kendali

Next Post

Capcom Beri Peringatan Soal Email Penipuan Beta Resident Evil Village

Related Posts

Wawancara Final Fantasy Resonance – Pentingnya Membangkitkan Pesona Klasik yang Dirindukan Fans!
Konsol

Wawancara Final Fantasy Resonance – Pentingnya Membangkitkan Pesona Klasik yang Dirindukan Fans!

September 4, 2026
Rangkuman wawancara kami dengan Doug Cockle dan Karolina Kuzia-Rokosz di gamescom 2026 yang membahas tuntas soal The Witcher 3: Wild Hunt = Songs of the Past
Konsol

[EKSKLUSIF] Bahas Penuh The Witcher 3: Wild Hunt – Songs of the Past Bareng Doug Cockle dan Karolina Kuzia-Rokosz

September 2, 2026
Rangkuman wawancara eksklusif kami dengan perwakilan developer TARAE: The Unbound yang gamenya baru saja diumumkan beberapa saat lalu
Berita

[EKSKLUSIF] Wawancara TARAE: The Unbound – Menggali Dunia Dark Fantasy dengan Sekian Banyak Boss Uniknya!

September 2, 2026
Rangkuman wawancara kami dengan Director Hiroshi Yoshimura dan Producer Keita Iizuka yang membahas lebih dalam CODE VEIN II - Mask of Idris
Konsol

Wawancara CODE VEIN II dengan Hiroshi Yoshimura dan Keita Iizuka – Mengeksplor Dunia yang Hilang di Mask of Idris!

September 1, 2026
Dalam wawancara bersama Namseok Kim, CEO NIRVANANA, kami mendapatkan penjelasan lebih jauh soal arah yang mereka pilih untuk Project ZETA.
PC

[EKSKLUSIF] Wawancara Project ZETA dengan Namseok Kim – Bukan Hero Shooter, Bukan MOBA Banget

September 1, 2026
Kami wawancara dengan Dave Curd selaku Creative Director PUBG: DED.NET soal kenapa game ini bisa berbeda banget dari PUBG biasanya.
Konsol

[EKSKLUSIF] Wawancara PUBG: DED.NET dengan Dave Curd – Ketika PUBG Dicampur Roguelite

September 1, 2026
Next Post
Sebagian orang telah dilaporkan mendapat email undangan palsu untuk mengikuti beta Resident Evil Village

Capcom Beri Peringatan Soal Email Penipuan Beta Resident Evil Village

Discussion about this post

FACEBOOK KAMI

YOUTUBE KAMI

TWITTER/X KAMI

Follow @GamerwkID

UPDATE MOBILE GAMES

Blizzard kini sudah memulai fase soft launch untuk game mobile Overwatch Rush di beberapa wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia

Overwatch Rush Sudah Memasuki Fase Soft Launch di Indonesia

by Fadhil
September 4, 2026
0

Blizzard kini sudah memulai fase soft launch untuk game mobile Overwatch Rush di beberapa wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Katanya karena hardware makin naik.

Xbox Cloud Gaming Bakal Dibatasi Maksimal 15 Jam per Bulan

by Taufik
September 4, 2026
0

Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Mulai November, setiap paket Game Pass cuma...

Tanpa diduga, Studiobside telah mengumumkan lanjutan CounterSide yang EOS minggu lalu lewat game baru berjudul COUNTERSIDE:A [ANTEXILIAN]

CounterSide Umumkan Game Barunya yang Diberi Judul COUNTERSIDE:A [ANTEXILIAN]

by Fadhil
September 2, 2026
0

Tanpa diduga, Studiobside telah mengumumkan lanjutan CounterSide yang EOS minggu lalu lewat game baru berjudul COUNTERSIDE:A .

Akses pra-registrasi untuk BLEACH Mirrors High kini sudah tersedia via platform Google Play dan App Store

Pra-Registrasi BLEACH Mirrors High Sudah Dibuka yang Janjikan Banyak Reward Menarik!

by Fadhil
September 2, 2026
0

Akses pra-registrasi untuk BLEACH Mirrors High kini sudah tersedia via platform Google Play dan App Store.

Baru sebulan sejak rilis, Suikoden STAR LEAP sudah siap mendapatkan update besar yang langsung dipuji pemain Jepang.

Baru Sebulan Rilis, Update Besar Suikoden STAR LEAP Dipuji Pemain Jepang

by Taufik
September 2, 2026
0

Baru sebulan sejak rilis, Suikoden STAR LEAP sudah siap mendapatkan update besar yang langsung dipuji pemain Jepang. Game free-to-play yang...

  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami

© 2020 - 2025 Digital Braves Media Group Sdn Bhd

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4

© 2020 - 2025 Digital Braves Media Group Sdn Bhd