gamerwk.com
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4
No Result
View All Result
gamerwk.com
No Result
View All Result

Review Crime Boss: Rockay City – Sangat Repetitif yang Berujung Membosankan

Taufik by Taufik
April 13, 2023
in Konsol, PC, PlayStation 5, Xbox Series S, Xbox Series X
0
Crime Boss: Rockay City adalah game mafia yang gokil sekaligus unik dengan membawa konsep FPS sebagai basis utamanya.

Crime Boss: Rockay City adalah game mafia yang gokil sekaligus unik dengan membawa konsep FPS sebagai basis utamanya.

Share ke FacebookShare ke TwitterShare ke Telegram

Jika ditanya mengenai salah satu premis cerita yang mungkin tidak pernah ada bosannya, kisah tentang mafia dan kejahatannya memang tidak akan ada matinya, apalagi jika berbicara soal video game. Ada begitu banyak game yang sukses dengan mengambil premis tersebut. Inilah yang setidaknya dicoba tawarkan oleh 505 Games bersama INGAME STUDIOS melalui Crime Boss: Rockay City.

Crime Boss: Rockay City adalah game mafia yang gokil sekaligus unik dengan membawa konsep FPS sebagai basis utamanya. Apakah game tersebut bakal seru dinikmati sesuai premisnya? Mari simak review kami!

Premis Cerita

Alur ceritanya sederhana dan mudah dicerna. Raja dari Rockay City telah meninggal dan tentu saja posisinya sekarang kosong. Jadi, banyak “Pemimpin Kejahatan” yang ingin menduduki posisi tersebut termasuk Travis Baker (pemain). Berawal dari seorang penjual permen (narkoba), ia diperkenalkan ke Nasara oleh Casey. Jadi, mulai dari sini, dia ingin menjadi Raja dari Rockay City .

Para pemain bakal mengikuti serangkaian perang antar geng, perampokan, serta mengikuti cerita sampingan gila sejak berakhirnya nasib dari pimpinan dunia kriminal di seluruh Florida. Dalam mode single player, Anda perlu menaruh perhatian dalam merekrut kru baru yang akan membantu Baker dalam meraih status tertinggi di kota yang keras tersebut.

Gameplay yang Repetitif

Ketika pertama kali mencopba memainkannya, saya menyukai game ini karena bisa pergi ke banyak tempat dan melakukan kejahatan. Tapi setelah beberapa saat, saya benar-benar memainkan situasi yang sama, apa pun misinya yang dijalankan. Terasa sangat repetitif untuk banyak hal.

Sebelum pergi menjalankan misi, Anda dapat memilih karakter yang berbeda atau mempekerjakan mereka untuk melakukan sebuah misi. Karakter tertentu memiliki loadout yang berbeda dan stats unik yang dapat membantu Anda selama misi. Namun berhati-hatilah saat Anda memilih karakter karena beberapa di antaranya memiliki mission cut yang tinggi dan stats yang ampas.

Crime Boss: Rockay City adalah game FPS, tetapi mereka tidak menyertakan “crosshair” untuk membidik musuh. Anda hanya perlu menembak dan berdoa itu akan kena. Ada juga Aim down Sight (ADS) tetapi tidak membantu sama sekali, tetapi senjata tertentu memiliki attachment yang berbeda dan setidaknya membantu Anda membidik.

Berbicara tentang karakter, harap berhati-hati ketika Anda membawa Baker ke dalam misi. Jika dia mati, Anda harus mengulang kembali campaign ke Day 1, iya, Anda harus mengulangnya. Baker juga dapat naik level dan mereka akan memberi Anda hadiah berupa atribut unik yang ditambahkan ke karakter.

Jadi selama menjalankan misi, Anda harus memiliki rencana strategis untuk menyukseskan misi tersebut. Selain mengendalikan satu pemain, Anda juga dapat mengendalikan karakter lain yang Anda bawa. Jika Anda tidak ingin bermain sebagai mereka, Anda juga dapat memberi mereka arahan ke mana harus pergi atau mengikuti Anda.

Misinya sederhana, cukup kumpulkan semua jarahan yang dapat Anda temukan dan kirimkan kembali ke van atau bot. Setelah semua jarahan terkumpul, kembalilah ke van dan selesaikan misi. Misi yang berbeda memiliki hasil yang berbeda. Ada misi tertentu yang akan menghabiskan banyak uang dan ada juga yang tidak. Terkadang, tidak menguntungkan sama sekali pada hari itu. Jadi rencanakan strategi Anda sebelum melakukan apa pun.

Ada 3 mode yang tersedia untuk dimainkan yaitu Mode Campaign, Mode Quick Play, dan Mode Co-Op.

Campaign Mode

Campaign Mode adalah mode utama yang bakal pemain sering mainkan. Tujuan utamanya hanya satu seperti yang sudah saya sebutkan di atas, pemain harus menguasai semua wilayah di Rockay City. Namun sebelum Anda dapat mengendalikan semuanya, Anda harus mengalahkan semua Bos Kejahatan lain yang menjalankan Kota.

Mode ini menampilkan peta Rockay City untuk menandai daerah Anda dan juga pemimpin kejahatan lainnya. Jadi pada dasarnya, ada 5 pemimpin kejahatan di Rockay City termasuk Baker (Anda), Khan, Heilo, Dollar Dragon, dan Don Barbaro. Rockay City juga memiliki seorang kepala polisi bernama Sheriff. Sementara Anda menyerang wilayah orang lain untuk merebut wilayah. Sheriff telah menjalankan misinya untuk mengalahkan para Pemimpin Kejahatan.

Jadi, untuk menyerang wilayah orang lain, yang Anda butuhkan adalah Pasukan. Selama Anda masih memiliki wilayah yang tersisa, Anda masih memiliki jumlah pasukan yang tersisa. Tetapi untuk war, Anda membutuhkan setidaknya 10 pasukan untuk menyerang. Tetapi Anda membutuhkan banyak tentara untuk berhasil dalam misi. Jadi, jika Anda membutuhkan lebih banyak pasukan, Anda bisa mempekerjakan mereka menggunakan Hire Soldiers.

Selain Attack Territory, Anda juga memiliki misi lain yang harus Anda selesaikan bersama tim Anda, yaitu Robbery, Overcharged, dan masih banyak lagi. Ini adalah jenis misi reguler yang akan diulang setiap hari.

Ada juga misi untuk memperkuat pasukan Anda dan juga menghasilkan lebih banyak uang, tentu saja. Jika Anda ingin melakukan ini, buka tab Goals dan pilih misi apa pun yang Anda inginkan. Misi tertentu memiliki tugas berbeda yang harus kamu selesaikan sebelum pergi ke lapangan.

Team adalah karakter yang harus Anda mainkan, Anda dapat memilih karakter apa pun yang ingin Anda pekerjakan dan mainkan. Beberapa di antaranya memiliki wajah dan tubuh yang sama. Mereka hanya memiliki nama, perlengkapan, dan quirk yang berbeda. Jadi berhati-hatilah sebelum memilih. Jika Anda memiliki banyak uang, Anda dapat mempekerjakan lebih banyak orang atau Anda dapat menyewa yang mahal dengan loadout yang kuat.

Quick Play

Sama seperti dalam mode campaign. Bedanya, Anda tidak menjadi Bos Kriminal. Anda hanya melakukan pekerjaan atau misi apa pun yang tersedia pada saat itu. Anda juga memiliki pekerjaan kontrak yang memberikan lebih banyak uang untuk melakukan grinding istilahnya.

Pada mode ini, Anda akan memiliki 3 karakter yang dapat disewa secara gratis. Jadi, Anda dapat memulai misi dengan 3 karakter yang dapat dimainkan. Alih-alih bermain solo dengan 1 atau lebih karakter AI, Anda dapat bermain dengan orang lain secara online. Anda harus masuk ke “sesi” dan memilih salah satu misi yang ingin dilakukan.

Story Co-op

Mode ini sederhana, alih-alih Anda memilih misi apa pun yang tersedia, Anda harus menyelesaikan satu cerita untuk membuka cerita lainnya. Masing-masing memiliki 3 misi. Mode ini juga dapat dimainkan dengan orang lain secara online. Kurang lebih mirip dengan quick play, bedanya ada cerita yang harus Anda dan teman mabar jalani dari satu misi ke misi lainnya.

Keluhan saya yang lain adalah area misi. Saya pikir kebanyakan dari mereka memiliki tempat yang sama yaitu ruang kargo besar yang dapat menyimpan banyak barang berharga seperti obat-obatan, uang, perhiasan, dan lainnya.

Kualitas Visual yang Mendukung

Kualitas visualnya benar-benar keren dan terlihat clean meskipun mereka hanya menggunakan lokasi yang sama untuk beberapa misi. Saya tidak memiliki keluhan apa pun tentang hal itu. Beberapa bagian dari lingkungan, Anda dapat berinteraksi dengan mereka seperti tangga, pintu, jendela, dan lainnya.

Desain lingkungan dan atmosfir yang ditawarkan juga terasa hidup dan mendukung untuk tema mafia yang ditawarkannya. Animasi karakternya juga tidak kaku ketika sedang berdialog, sebuah hal yang wajar dan wajib untuk sebuah game dengan cerita ala mafia klasik.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Crime Boss: Rockay City adalah game yang membosankan untuk dimainkan karena gameplay yang repetitif dan Anda tidak memiliki kebebasan untuk menjelajahi kota. Misi akan muncul di peta Rockay City dan Anda harus memilih misi yang Anda inginkan. Pada beberapa misi tertentu, hanya menampilkan sebuah cutscene dengan gameplay yang minim.

Bagi saya, saya akan menyukai game ini jika game ini merupakan game open world sepenuhnya yang memberi saya kebebasan untuk berjalan, berlari, dan berpetualang di seluruh Rockay City. Mungkin ini akan terlihat seperti tiruan GTA tapi menurut saya itu yang terbaik daripada mengklik misi di peta dan pergi ke lapangan.

Beberapa hal yang bagus hanya dari segi kualitas visual yang memang cukup bagus dan mendukung susana dari tema mafia yang ditawarkannya. Peran dari berbagai aktor ternama juga membantu game ini menjadi lebih hidup. Jika tidak ada itu, game ini mungkin akan berakhir sangat buruk.

Crime Boss: Rockay City PC melalui Epic Games Store. Game tersebut juga nantinya akan dirilis untuk PlayStation 5 dan Xbox Series. Jangan lupa kunjungi situs resminya DI SINI untuk berbagai informasi lebih lanjut.

Pastikan untuk mengikuti perkembangan berita game lainnya di Gamerwk.

Hi guys, kami akhirnya sudah punya akun X dan YouTube resmi! Langsung saja follow:
 
Follow @GamerwkID
 

Jangan lupa untuk cek channel TikTok kami!
@gamerwk_id

The Review

Crime Boss: Rockay City

50% Score

PROS

  • Kualitas visual yang terasa pas dan mendukung
  • Mekanik combat yang menantang

CONS

  • Gameplay yang repetitif
  • Ada banyak lokasi yang sama untuk misi yang berbeda

Review Breakdown

  • 5 0%
Tags: 505 GamesCrime Boss: Rockay CityINGAME STUDIOSReview
ShareTweetShare
Previous Post

Street Fighter 6 Siapkan Showcase Khusus untuk Berbagi Update Penting

Next Post

Trine 5: A Clockwork Conspiracy Diumumkan, Akan Jadi Seri Paling Magical Sejauh Ini

Related Posts

Cygames telah meresmikan brand barunya yang diberi nama CygamesEdge serta Where the Winds Fall sebagai game debutnya
Berita

Cygames Resmikan Brand Baru Bernama CygamesEdge dan Game Pertama Timnya

September 4, 2026
Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Katanya karena hardware makin naik.
Android

Xbox Cloud Gaming Bakal Dibatasi Maksimal 15 Jam per Bulan

September 4, 2026
Sony ikut meramaikan hype GTA lewat hardware baru yang diperlihatkan dalam rangkaian State of Play berupa DualSense.
Berita

Sony Umumkan DualSense Edisi GTA 6 Seharga 1,5 Juta Rupiah

September 4, 2026
Pearl Abyss resmi ngumumin Charting the Unknown, DLC cerita pertama buat Crimson Desert yang ternyata nggak perlu ditunggu lama.
Berita

Crimson Desert Dapatkan DLC Eksplorasi Bawah Laut dan Naval Combat

September 4, 2026
Wawancara Final Fantasy Resonance – Pentingnya Membangkitkan Pesona Klasik yang Dirindukan Fans!
Konsol

Wawancara Final Fantasy Resonance – Pentingnya Membangkitkan Pesona Klasik yang Dirindukan Fans!

September 4, 2026
Konami kemarin malam resmi mengumumkan proyek game original barunya yang dikemas sebagai action adventure berjudul Rhapsody in Scarlet
Berita

Rhapsody in Scarlet Diumumkan, Game Action Adventure Original Terbaru dari Konami

September 4, 2026
Next Post
THQ Nordic dan Frozenbyte resmi mengumumkan game petualangan puzzle indah Trine 5: A Clockwork Conspiracy

Trine 5: A Clockwork Conspiracy Diumumkan, Akan Jadi Seri Paling Magical Sejauh Ini

Discussion about this post

FACEBOOK KAMI

YOUTUBE KAMI

TWITTER/X KAMI

Follow @GamerwkID

UPDATE MOBILE GAMES

Blizzard kini sudah memulai fase soft launch untuk game mobile Overwatch Rush di beberapa wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia

Overwatch Rush Sudah Memasuki Fase Soft Launch di Indonesia

by Fadhil
September 4, 2026
0

Blizzard kini sudah memulai fase soft launch untuk game mobile Overwatch Rush di beberapa wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Katanya karena hardware makin naik.

Xbox Cloud Gaming Bakal Dibatasi Maksimal 15 Jam per Bulan

by Taufik
September 4, 2026
0

Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Mulai November, setiap paket Game Pass cuma...

Tanpa diduga, Studiobside telah mengumumkan lanjutan CounterSide yang EOS minggu lalu lewat game baru berjudul COUNTERSIDE:A [ANTEXILIAN]

CounterSide Umumkan Game Barunya yang Diberi Judul COUNTERSIDE:A [ANTEXILIAN]

by Fadhil
September 2, 2026
0

Tanpa diduga, Studiobside telah mengumumkan lanjutan CounterSide yang EOS minggu lalu lewat game baru berjudul COUNTERSIDE:A .

Akses pra-registrasi untuk BLEACH Mirrors High kini sudah tersedia via platform Google Play dan App Store

Pra-Registrasi BLEACH Mirrors High Sudah Dibuka yang Janjikan Banyak Reward Menarik!

by Fadhil
September 2, 2026
0

Akses pra-registrasi untuk BLEACH Mirrors High kini sudah tersedia via platform Google Play dan App Store.

Baru sebulan sejak rilis, Suikoden STAR LEAP sudah siap mendapatkan update besar yang langsung dipuji pemain Jepang.

Baru Sebulan Rilis, Update Besar Suikoden STAR LEAP Dipuji Pemain Jepang

by Taufik
September 2, 2026
0

Baru sebulan sejak rilis, Suikoden STAR LEAP sudah siap mendapatkan update besar yang langsung dipuji pemain Jepang. Game free-to-play yang...

  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami

© 2020 - 2025 Digital Braves Media Group Sdn Bhd

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4

© 2020 - 2025 Digital Braves Media Group Sdn Bhd