gamerwk.com
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4
No Result
View All Result
gamerwk.com
No Result
View All Result

Review Etrian Odyssey Origins Collection – Cara Baru Menikmati JRPG Sulit Jadi Gampang

Taufik by Taufik
June 1, 2023
in Berita, PC, Review
0
Kami mendapatkan kesempatan untuk nyobain dan review duluan Etrian Odyssey Origins Collection. Mari simak artikelnya!

Kami mendapatkan kesempatan untuk nyobain dan review duluan Etrian Odyssey Origins Collection. Mari simak artikelnya!

Share ke FacebookShare ke TwitterShare ke Telegram

Seberapa banyak dari Anda yang mengenal nama besar developer Atlus? Selain Persona dan Shin Megami Tensei, sebenarnya mereka masih memiliki begitu banyak JRPG klasik yang seru untuk dinikmati. Salah satunya adalah Etrian Odyssey yang kini hadir dalam bentuk bundle Origins Collection untuk bernostalgia dan menikmati game yang menantang tersebut.

Tidak cuma sekedar merilis ulang, Etrian Odyssey Origins Collection juga hadir dengan berbagai fitur baru dan upgrade yang cukup untuk dimainkan fans veteran dan juga pendatang baru. Nah, kebetulan kami mendapatkan kesempatan untuk nyobain dan review duluan Etrian Odyssey Origins Collection. Mari simak artikelnya!

Gambaran Gameplay Secara Keseluruhan

Bagi Anda yang mungkin masih asing, Etrian Odyssey dikenal dengan gameplay dungeon-crawling RPG yang menantang dan pertarungan turn-based. Dalam setiap permainan, pemain membuat party yang terdiri dari lima petualang / adventurer dan menjelajahi labirin yang luas, penuh dengan monster dan jebakan yang berbahaya, namun tetap dengan cerita menarik dibaliknya.

Yang membuat game ini unik adalah, saat pemain menjelajah, para pemain dituntut harus memetakan labirin, menggunakan tools yang disediakan seperti brush dll, seperti menggambar map. Pertarungannya turn-based, dan pemain harus mempertimbangkan dengan cermat kemampuan dan kelemahan tim mereka untuk mengalahkan musuh.

Fitur Baru yang Bikin Game Jadi Gampang

Salah satu yang menjadi nilai jual utama di Etrian Odyssey Origins Collection adalah ada banyak fitur tambahan untuk Quality of Life (QoL). Bebebrapa diantaranya adalah.

Auto Battle: fitur yang satu ini sebelumnya tidak ada pada Etrian Odyssey I, dan baru ada pada seri ke II dan III. Namun pada versi collection ini, Etrian Odyssey I sudah mendapatkan fitur auto battle. Menurut saya ini cukup bagus karena seri pertama bisa menjadi gerbang untuk para pendatang baru agar tidak terlalu kesulitan ketika pertama kali memainkannya.

Automap: Fitur automap memungkinkan pemain untuk secara otomatis memetakan labyrinths saat mereka menjelajahinya. Hal ini mengurangi kerja keras dalam menggambar peta secara manual, memberikan kenyamanan dan efisiensi dalam eksplorasi. Lagi-lagi ada fitur baru yang memudahkan para pemain baru.

Namun, pemain tetap harus berhati-hati untuk memperhatikan lingkungan sekitar dan menambahkan catatan secara manual ke dalam peta sesuai kebutuhan. Automap ini tidak sempurna, dan terkadang melewatkan detail penting seperti jalan pintas, harta karun, atau bahkan jebakan.

Saya cukup menyukai apa yang mereka lakukan di peta otomatis ini. Saya suka bagaimana mereka mengatur fitur semacam ini, alih-alih mempermudah, mereka tetap menekankan detail peta yang harus digambar secara manual. Karena itu adalah nilai jual utama dari game ini.

Difficulty: Mereka menambahkan sistem difficulty disini. Alih-alih berfokus pada tingkat kesulitan yang tinggi di seri originalnya, ada tiga pilihan yang bisa dipilih seperti Picnic (Easy), Basic (Normal), dan juga Expert (Hard). Expert disini adalah tingkat kesulitan yang sama seperti versi original. Namun jika Anda cuma kasual, saya sarankan cukup memilih Basic karena difficulty Expert terlalu sulit.

Audio yang Masih Sama dan Visual yang Upgrade

Tidak ada tambahan pengisi suara di Etrian Odyssey Origins Collection. Game ini awalnya dirilis untuk Nintendo DS, dan tidak memiliki pengisi suara pada saat perilisan versi originalnya tersebut . Sangat disayangkan memang bahwa “remaster” ini juga tidak memiliki pengisi suara.

Namun bagian yang saya suka ada di upgrade bagian visual. Pertama, untuk semua artwork hingga desain UI yang tersedia, semuanya sudah ditampilkan secara HD yang menghasilkan visual yang lebih tajam Tekstur dalam game telah ditingkatkan, sehingga menghasilkan tampilan yang lebih detail.

Selain itu, ada penambahan desain pada setiap karakter / class yang tersedia. Potret karakter dalam game telah digambar ulang, menghasilkan tampilan yang lebih modern. Total 24 ilustrasi baru antara Etrian Odyssey I, II, dan III. Pemain sekarang dapat memilih di antara 5 jenis penampilan per kelas, termasuk ilustrasi sebelumnya.

Karena saya memainkannya di PC, game ini sudah mendukung hingga resolusi 4K. Bahkan, Anda bisa memainkannya dengan 144 FPS lebih, jujur saja biasanya game JRPG klasik di lock pada 30 atau 60 FPS saja.

Ada Multiplayer

Etrian Odyssey Origins Collection memiliki mode multiplayer terbatas yang disebut Oceanus. Hingga 5 pemain dapat bekerja sama untuk menjelajahi misi khusus yang disebut Oceanus. Oceanus adalah sebuah dungeon yang dibuat secara acak yang dipenuhi dengan musuh-musuh yang kuat dan harta karun yang berharga.

Fitur multiplayer ini juga memungkinkan pemain untuk saling bertukar item, cara yang bagus untuk mendapatkan item yang kamu butuhkan tanpa harus grinding. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk membantu teman Anda dengan memberi mereka item yang mereka butuhkan.

Karena saya bermain di tahap early access, saya tidak memiliki kesempatan untuk mencoba fitur ini. Lagipula, sayangnya kehadiran fitur multiplayer juga cuma ada di Etrian Odyssey III. Selain Oceanus, pemain bisa menjelajah untuk memancing dan mendapatkan uang. Yang satu ini tidak membutuhkan pemain lain.

Control yang Harus Diperbaiki

Pertama kali memainkannya, saya menggunakan mouse dan keyboard. Namun, sangat tidak nyaman karena terasa sangat kurang optimal. Maksud saya misalnya ketika memilih menu yang diinginkan, terkadang mouse saya menekan arah yang tidak seharusnya, tidak jelas juga konfirmasinya ke arah yang mana.

Saya baru nyaman bermain di PC ketika menggunakan gamepad karena tidak ada masalah. Namun, menggunakan mouse sedikit lebih nyaman untuk dimainkan, terutama saat Anda menggambar peta di dalam labirin yang mana adalah aktivitas yang bakal dilakukan sepanjang permainan.

Kesimpulan

Bisa dibilang Etrian Odyssey Origins Collection adalah paket remaster yang solid cara baru untuk menikmati gamenya, dalam artian para fans veteran bisa kembali memainkannya dengan berbagai penambahan fitur QoL yang cukup banyak hingga kualitas visual yang lebih tajam agar lebih nyaman memainkannya, sambil menikmati tingkat kesulitan yang sama dan bernostalgia.

Tapi disaat yang sama, koleksi tersebut juga adalah cara perfect untuk memperkenalkan Etrian Odyssey kepada para pendatang baru. Alasannya, karena game ini sudah dibikin lebih gampang. Alih-alih langsung nyobain hal sulit, pemain bisa memulainya dengan lebih gampang lalu perlahan naik ke tingkat yang lebih menantang.

Etrian Odyssey Origins Collection sudah resmi dirilis pada 1 Juni di Nintendo Switch dan PC via Steam. Untuk segala detail terupdate mengenai gamenya bisa Anda cek langsung pada website resmi mereka DI SINI.

Pastikan untuk mengikuti perkembangan berita game lainnya di Gamerwk.

Hi guys, kami akhirnya sudah punya akun X dan YouTube resmi! Langsung saja follow:
 
Follow @GamerwkID
 

Jangan lupa untuk cek channel TikTok kami!
@gamerwk_id
Tags: AtlusEtrian Odyssey Origins CollectionReview
ShareTweetShare
Previous Post

Goddess of Victory: NIKKE Siapkan Event Queen’s Order dan Operator Baru Rosanna

Next Post

Artery Gear Fusion Siapkan Kolaborasi Spesial dengan VTuber Nijisanji – Finana Ryugu

Related Posts

Cygames telah meresmikan brand barunya yang diberi nama CygamesEdge serta Where the Winds Fall sebagai game debutnya
Berita

Cygames Resmikan Brand Baru Bernama CygamesEdge dan Game Pertama Timnya

September 4, 2026
SEGA/ATLUS akan membuka booth yang megah di Tokyo Game Show 2026 dengan highlight utama pada STRANGER THAN HEAVEN dan Persona 4 Revival
Berita

SEGA/ATLUS Siapkan Booth yang Lebih Megah untuk Tokyo Game Show 2026

September 4, 2026
Blizzard kini sudah memulai fase soft launch untuk game mobile Overwatch Rush di beberapa wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia
Android

Overwatch Rush Sudah Memasuki Fase Soft Launch di Indonesia

September 4, 2026
Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Katanya karena hardware makin naik.
Android

Xbox Cloud Gaming Bakal Dibatasi Maksimal 15 Jam per Bulan

September 4, 2026
Sony ikut meramaikan hype GTA lewat hardware baru yang diperlihatkan dalam rangkaian State of Play berupa DualSense.
Berita

Sony Umumkan DualSense Edisi GTA 6 Seharga 1,5 Juta Rupiah

September 4, 2026
Pearl Abyss resmi ngumumin Charting the Unknown, DLC cerita pertama buat Crimson Desert yang ternyata nggak perlu ditunggu lama.
Berita

Crimson Desert Dapatkan DLC Eksplorasi Bawah Laut dan Naval Combat

September 4, 2026
Next Post
Event kolaborasi terbaru di Artery Gear Fusion kali ini menggaet VTuber populer Finana Ryugu dari Nijisanji EN

Artery Gear Fusion Siapkan Kolaborasi Spesial dengan VTuber Nijisanji - Finana Ryugu

Discussion about this post

FACEBOOK KAMI

YOUTUBE KAMI

TWITTER/X KAMI

Follow @GamerwkID

UPDATE MOBILE GAMES

Blizzard kini sudah memulai fase soft launch untuk game mobile Overwatch Rush di beberapa wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia

Overwatch Rush Sudah Memasuki Fase Soft Launch di Indonesia

by Fadhil
September 4, 2026
0

Blizzard kini sudah memulai fase soft launch untuk game mobile Overwatch Rush di beberapa wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Katanya karena hardware makin naik.

Xbox Cloud Gaming Bakal Dibatasi Maksimal 15 Jam per Bulan

by Taufik
September 4, 2026
0

Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Mulai November, setiap paket Game Pass cuma...

Tanpa diduga, Studiobside telah mengumumkan lanjutan CounterSide yang EOS minggu lalu lewat game baru berjudul COUNTERSIDE:A [ANTEXILIAN]

CounterSide Umumkan Game Barunya yang Diberi Judul COUNTERSIDE:A [ANTEXILIAN]

by Fadhil
September 2, 2026
0

Tanpa diduga, Studiobside telah mengumumkan lanjutan CounterSide yang EOS minggu lalu lewat game baru berjudul COUNTERSIDE:A .

Akses pra-registrasi untuk BLEACH Mirrors High kini sudah tersedia via platform Google Play dan App Store

Pra-Registrasi BLEACH Mirrors High Sudah Dibuka yang Janjikan Banyak Reward Menarik!

by Fadhil
September 2, 2026
0

Akses pra-registrasi untuk BLEACH Mirrors High kini sudah tersedia via platform Google Play dan App Store.

Baru sebulan sejak rilis, Suikoden STAR LEAP sudah siap mendapatkan update besar yang langsung dipuji pemain Jepang.

Baru Sebulan Rilis, Update Besar Suikoden STAR LEAP Dipuji Pemain Jepang

by Taufik
September 2, 2026
0

Baru sebulan sejak rilis, Suikoden STAR LEAP sudah siap mendapatkan update besar yang langsung dipuji pemain Jepang. Game free-to-play yang...

  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami

© 2020 - 2025 Digital Braves Media Group Sdn Bhd

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4

© 2020 - 2025 Digital Braves Media Group Sdn Bhd