gamerwk.com
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4
No Result
View All Result
gamerwk.com
No Result
View All Result

Review World Flipper, Waifu + Pinball yang Menyenangkan!

Taufik by Taufik
September 13, 2021
in Android, iOS, Mobile Games, Review
0
Simak review kami mengenai World Flipper yang belum lama ini telah rilis secara global!

Simak review kami mengenai World Flipper yang belum lama ini telah rilis secara global!

Share ke FacebookShare ke TwitterShare ke Telegram

Sebagai sebuah game yang hadir dengan konsep dan genre yang unik, World Flipper berhasil mempertahankan eksistensinya sebagai salah satu game terlaris dari Cygames. Salah satu faktor pendukungnya apalagi kalau bukan bagaimana cara Cygames “mengolah” game tersebut dengan berbagai update dan hadiah menarik secara rutin. Kabar baiknya, World Flipper gini juga sudah dirilis secara global yang dibawa oleh Kakao Games dan akan kami review.

World Flipper telah resmi dirilis secara global dan kami sudah coba untuk memainkannya selama beberapa hari terakhir. Menawarkan konsep yang unik dengan nuansa game pinball serta gaya anime yang melekat, apakah memang benar game tersebut memang se-seru yang dibayangkan? Yuk simak review kami mengenai World Flipper!

Jalan Cerita yang Generik

World Flipper sendiri menceritakan dua orang bernama Arc dan juga Stella yang bertemu disebuah dunia baru dan mereka berdua tidak ingat dengan masa lalunya. Mereka tinggal bersama disebuah desa dan bertemu dengan makhluk bernama Light. Namun siapa sangka bahwa makhluk yang mirip seperit kelinci adalah “pahwalan” di masa lalu. Setelah pertemuan itu, berbagai makhluk “aneh” muncul dan mengecar mereka.


Tanpa spoiler lebih lanjut, setelah itu, berbagai kekuatan dan misteri tentang mereka satu-per-satu mulai terkuak. Jika melihat dari jalan cerita yang mereka miliki hingga berbagai presentasinya, sepertinya jalan cerita bukan menjadi nilai jual utamanya. Pemeran utama lupa ingatan, dunia baru terbentuk, dan beberapa poin yang kami sebutkan di atas ketika review World Flipper adalah bukti bahwa jalan cerita yang ditawarkan sangat generik dan bisa ditemui diberbagai game atau anime.

Oh ya, selain jalan cerita utama yang dimilikinya. Setiap karakter pada game ini juga memiliki jalan cerita masing-masing. Hanya saja syaratnya kamu harus memiliki karakternya dan melakukan upgrade yang mana membutuhkan bahan atau biaya untuk melakukannya. Kami akan menjelaskannya dibagian progress karakter nantinya.

Gameplay yang “Menyenangkan” dan Nyantai Namun Tetap Menantang

Lupakan sejenak mengenai jalan cerita, fakta mengenai fokus gamenya kepada gameplay yang menyenangkan sepertinya bukan isapan jempol belaka. Pernah bermain mini-game seperti pinball? Yap, game tersebut menjadikan pinball sebagai basis gameplay utamanya.

Bagi kamu yang mungkin tidak tau, pinball adalah sebuah jenis permainan arkade, dimana poin dicetak oleh pemain dengan menggerakkan satu bola atau lebih pada sebuah arena bermain. Tujuan utamanya? Mencetak poin sebanyak mungkin. Namun, Cygames mengemasnya dengan berbagai elemen RPG yang membuatnya semakin menariknya.


Berbagai elemen RPG yang dimaksudkan adalah misalnya adalah “bola” yang digunakan untuk bermain. Bola tersebut adalah sebuah karakter yang dimiliki oleh pemain. Jadi, kamu akan menggunakan berbagai karakter yang tersedia di game tersebut. Berbagai karakter tersebut juga memiliki berbagai stats dan skill serta masing-masing role yang berbeda, misalnya DPS, tank, atau support. Setiap karakter juga memiliki elemen seperti Api, Air, Angin, Listrik, Light, Dark yang memiliki kelebihan masing-masing.

Perlu diketahui bahwa ketika memainkan gamenya, kamu membutuhkan tiga karakter utama, serta tiga karakter cadangan, setidaknya secara total kamu membutuhkan hingga 6 karakter dalam satu tim. Karakter sub atau cadangan tersebut bakal memberi “efek skill” tambahan sesauai dengan karakternya. Ketika membangun sebuah tim, pastikan untuk mendapatkan sinergi terbaik, baik dari segi elemen maupun combo skillnya. Selain karakter, pemain juga membutuhkan equip atau senjata untuk masing-masing karakter.

Selain itu, untuk elemen RPG lainnya adalah hadirnya monster yang ada di arena pinball tersebut. Alih-alih mengumpulkan poin, para pemain dituntut untuk mengalahkan berbagai monster dengan “bola” yang adalah karakter yang kamu miliki. Score ditentukan dengan berbagai faktor, misalnya sebagus apa sinergi combo yang digunakan, seberapa cepat mengalahkan musuh, hingga sebesar apa damage yang dikeluarkan, ketepatan penggunaan skill. Semakin tinggi score, semakin banyak reward yang didapatkan untuk setiap pertarungan.


Tidak cuma sekedar bermain “pinball” yang asal menembak dan menentukan arah saja, para pemain juga dituntut untuk bisa mengatur sinergi skill dan menggunakannya. Misalnya ada beberapa karakter yang bisa menambah attack untuk sesama karakter Api, atau skill yang membutuhkan “positioning” yang tepat. Berbagai faktor tersebut benar-benar harus diperhatikan ketika ingin membangun sebuah tim. Ada juga bar untuk mode Fever, jika sudah terisi penuh, maka score yang dihasilkan bisa berkali-kali lipat untuk setiap damage. Oh ya, gamenya juga menyediakan fitur Auto yang bakal otomatis menggerakan pantulan karaktermu dan penggunaan skill.

Kami perlu apresiasi bagaimana Cygames mengemas sebuah game “pinball” menjadi hal yang lebih menarik dengan berbagai elemen lainnya seperti mencampurkan gaya anime dan RPG klasik hingga menjadi sebuah game yang menyenangkan sekaligus menantang bagi para gamer.

Fitur yang Masih Belum Terlalu Banyak

Disamping gameplaynya yang cukup menyenangkan bagi kami, sayangnya untuk fitur yang bisa dinikmati para pemain belum banyak. Setidaknya untuk versi global saat ini. Pertama-tama, para pemain bisa menjalankan quest untuk menikmati jalan cerita di gamenya. Kamu akan melewati berbagai chapter. Untuk menambah banyaknya tantangan, setiap chapter memiliki tingkat kesulitan Easy dan juga Hard (EX).


Selain menjalankan quest, kamu juga bisa mengikuti sebuah Boss Battle. Melalui fitur tersebut, kamu akan melawan musuh yang cukup kuat dan berbagai reward yang sangat menarik. Melalui fitur ini juga kamu bisa menikmati mode multiplayer dengan pemain lainnya jika merasa kesulitan, termasuk mabar dengan teman.

Satu fitur lainnya adalah ada Event. Fitur ini mirip dengan “daily dungeon” jika kamu sudah familiar dengan berbagai game RPG untuk mobile. Disini, kamu bisa mendapatkan berbagai material untuk “bahan upgrade” karakter yang kamu gunakan untuk masing-masing elemen.

Progress Karakter yang Bejibun

Meski fitur yang dimilikinya terbilang sedikit, setiap karakter yang kami miliki membutuhkan progress yang cukup lama untuk memaksimalkan kekuatannya, karena ada banyak banget faktor yang menentukan kuat atau tidaknya sebuah karakter.

World Flipper Review

Pertama-tama, tentu saja hal yang harus diperhatikan adalah level. Cara cepat untuk meningkatkannya adalah menggunakan EXP yang didapat dari setiap quest yang kamu jalankan. Level maksimal bisa ditambahkan dengan sebuah material yang disebut Astral Gem yang bisa dikumpulkan dengan melawan boss lalu ditukarkan di Shop. Kamu bisa bisa meningkatkan maksimal level dengan cara mendapatkan karakter duplikat.

Kedua, ada faktor lain yang disebut Mana Board. Melalui hal tersebut, kami bisa mendapatkan kemampuan tambahan ketika berhasil membuka satu papan ke papan lainnya. Misalnya karakter Clarisse yang bisa mendapatkan kemampuan untuk mengisi skill gauge hingga 80% ketika baru mulai bermain, padahal kemampuan tersebut tidak ada ketika kamu baru mendapatkannya. Untuk melakukannya kamu membutuhkan sebuah material yang disebut Mana dan Element

World Flipper Review

Selain karakter, kami juga perlu meningkatkan kemampuan equip atau senjata yang disebut Armament di game ini. Cara satu-satunya untuk meningkatkan kemampuannya adalah melakukan Awaken dengan menggunakan senjata duplikat atau yang sama. Perlu ditekankan setiap senjata juga memiliki kemampuan unik dan harus dicocokan dengan sinergi karakternya.

World Flipper Review
Untungnya, cara untuk meningkatkan progress karakter tidak harus “selalu” membelinya dengan uang. Kami bisa meningkatkan karakter yang kamu miliki dengan grinding melalui berbagai fitur yang disediakan.

Microtransaction

Tentu saja setiap game online untuk mobile pastinya memiliki microtransaction didalamnya, termasuk juga World Flipper yang tengah kami review. Untungnya, hanya ada dua aspek yang perlu diperhatikan pada game ini. Yaitu gacha untuk mendapatkan karakter dan juga gacha untuk mendapatkan senjata saja. Tidak ada yang lain.

World Flipper Review

Rate gacha yang dimilikinya juga masih cukup “masuk akal” untuk game gacha kekinian. Karakter dengan rarity tertinggi (*5) memiliki rate 5% untuk mendapatkannya, begitu juga dengan senjata. Jika kamu merasa kesulitan untuk mendapatkan karakter dengan rarity tertinggi, kamu bisa kunjungi artikel panduan reroll kami DI SINI.

World Flipper Review
Sementara untuk penjualan mata uang in-game serta paket yang disediakan Kakao Games bisa dibilang tidak terlalu pay-to-win. Beberapa yang cukup powerfull seperti membeli tiket karaktaer *5 diantaranya hanya bisa dibeli sekali saja ketika awal bermain. Sisanya hanya membeli Lodestar Beads (mata uang untuk gacha) seperti game pada umumnya.

Kesimpulan

World Flipper menawarkan perpaduan gameplay pinball sebagai basis utamanya dan menggabungkannya dengan berbagai elemen RPG klasik. Kami perlu apresiasi bagaimana Cygames mengemas sebuah game “pinball” menjadi hal yang lebih menarik dengan berbagai elemen lainnya seperti mencampurkan gaya anime dan RPG klasik hingga menjadi sebuah game yang menyenangkan sekaligus menantang bagi para gamer.

Meskipun disisi lain ada beberapa kekurangan dari game tersebut yang membuatnya terasa repetitif karena minimnya fitur yang disediakan. Apalagi jalan cerita yang dimilikinya juga tidak bisa dibilang memiliki daya tarik. Menurut kami sangat disayangkan jika gameplay yang “menyenangkan” tersebut hanya memiliki fitur segitu saja. Karena baru rilis di global, semoga saja berbagai fitur baru akan segera dirilis secara bertahap agar pemain tidak bosan.

Mengenai microtransaction yang ditawarkannya tidak ada kesan pay-to-win yang terlalu mencolok, lagipula gamenya tidak memiliki fitur PvP di dalamnya. Gacha rate yang dimilikinya masih masuk akal dan untuk meningkatkan progress karakter yang kamu miliki bisa melalui grinding di game tersebut saja.

World Flipper Review
Kelebihan:

  • Gameplay yang “fun” namun tetap menantang
  • Progress karakter bisa terus ditingkatkan tanpa harus top-up
  • Microtransaction yang sehat

Kekurangan:

  • Fitur yang masih minim
  • Jalan cerita yang generik

Final Score:
8.5/10

Nah, itulah review kami mengenai World Flipper. Game tersebut sudah rilis dan bisa di download melalui Google Play dan juga App Store.

Pastikan untuk mengikuti perkembangan berita game mobile lainnya di Gamerwk.

Download
World Flipper
Publisher: Kakao Games
Developer: Cygames
Release Date: 2021-09-08
Mobile Game, Android, iOS
World Flipper adalah mobile RPG yang menawarkan perpaduan gameplay RPG dan pinball action. Kamu bisa menggunakan hero layaknya mengendalikan pinball, namun perbedaannya ada di skill hingga kombo yang bisa dieksekusi. Perpaduan dengan elemen RPG ini juga semakin dipercantik dengan balutan grafis pixel art yang imut.
Hi guys, kami akhirnya sudah punya akun X dan YouTube resmi! Langsung saja follow:
 
Follow @GamerwkID
 

Jangan lupa untuk cek channel TikTok kami!
@gamerwk_id
Tags: CygamesKakao GamesWorld Flipper
ShareTweetShare
Previous Post

Mihoyo Siap Jual Parfum Karakter Genshin Impact yang Wangy Wangy

Next Post

Ada God of War & Ghost of Tsushima, Berbagai Game Eksklusif PlayStation Untuk PC Rumornya Bocor!

Related Posts

Blizzard kini sudah memulai fase soft launch untuk game mobile Overwatch Rush di beberapa wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia
Android

Overwatch Rush Sudah Memasuki Fase Soft Launch di Indonesia

September 4, 2026
Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Katanya karena hardware makin naik.
Android

Xbox Cloud Gaming Bakal Dibatasi Maksimal 15 Jam per Bulan

September 4, 2026
Tanpa diduga, Studiobside telah mengumumkan lanjutan CounterSide yang EOS minggu lalu lewat game baru berjudul COUNTERSIDE:A [ANTEXILIAN]
Android

CounterSide Umumkan Game Barunya yang Diberi Judul COUNTERSIDE:A [ANTEXILIAN]

September 2, 2026
Akses pra-registrasi untuk BLEACH Mirrors High kini sudah tersedia via platform Google Play dan App Store
Android

Pra-Registrasi BLEACH Mirrors High Sudah Dibuka yang Janjikan Banyak Reward Menarik!

September 2, 2026
Baru sebulan sejak rilis, Suikoden STAR LEAP sudah siap mendapatkan update besar yang langsung dipuji pemain Jepang.
Android

Baru Sebulan Rilis, Update Besar Suikoden STAR LEAP Dipuji Pemain Jepang

September 2, 2026
Simak impresi awal kami dari sesi hands-on expansion "Mask of Idris" untuk CODE VEIN II yang akan rilis sebentar lagi
Konsol

Nyobain CODE VEIN II Mask of Idris – Game yang Familiar, Tapi dengan Konsep Cerita dan Dunia Baru!

September 1, 2026
Next Post
Berbagai game eksklusif PlayStation yang akan segera rilis di PC telah bocor.

Ada God of War & Ghost of Tsushima, Berbagai Game Eksklusif PlayStation Untuk PC Rumornya Bocor!

Discussion about this post

FACEBOOK KAMI

YOUTUBE KAMI

TWITTER/X KAMI

Follow @GamerwkID

UPDATE MOBILE GAMES

Blizzard kini sudah memulai fase soft launch untuk game mobile Overwatch Rush di beberapa wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia

Overwatch Rush Sudah Memasuki Fase Soft Launch di Indonesia

by Fadhil
September 4, 2026
0

Blizzard kini sudah memulai fase soft launch untuk game mobile Overwatch Rush di beberapa wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Katanya karena hardware makin naik.

Xbox Cloud Gaming Bakal Dibatasi Maksimal 15 Jam per Bulan

by Taufik
September 4, 2026
0

Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Mulai November, setiap paket Game Pass cuma...

Tanpa diduga, Studiobside telah mengumumkan lanjutan CounterSide yang EOS minggu lalu lewat game baru berjudul COUNTERSIDE:A [ANTEXILIAN]

CounterSide Umumkan Game Barunya yang Diberi Judul COUNTERSIDE:A [ANTEXILIAN]

by Fadhil
September 2, 2026
0

Tanpa diduga, Studiobside telah mengumumkan lanjutan CounterSide yang EOS minggu lalu lewat game baru berjudul COUNTERSIDE:A .

Akses pra-registrasi untuk BLEACH Mirrors High kini sudah tersedia via platform Google Play dan App Store

Pra-Registrasi BLEACH Mirrors High Sudah Dibuka yang Janjikan Banyak Reward Menarik!

by Fadhil
September 2, 2026
0

Akses pra-registrasi untuk BLEACH Mirrors High kini sudah tersedia via platform Google Play dan App Store.

Baru sebulan sejak rilis, Suikoden STAR LEAP sudah siap mendapatkan update besar yang langsung dipuji pemain Jepang.

Baru Sebulan Rilis, Update Besar Suikoden STAR LEAP Dipuji Pemain Jepang

by Taufik
September 2, 2026
0

Baru sebulan sejak rilis, Suikoden STAR LEAP sudah siap mendapatkan update besar yang langsung dipuji pemain Jepang. Game free-to-play yang...

  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami

© 2020 - 2025 Digital Braves Media Group Sdn Bhd

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4

© 2020 - 2025 Digital Braves Media Group Sdn Bhd