gamerwk.com
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4
No Result
View All Result
gamerwk.com
No Result
View All Result

Review Elex II, RPG Sekedar Jadi dengan Minim Hal Menarik

Taufik by Taufik
March 14, 2022
in Konsol, PC, PlayStation 4, PlayStation 5, Review, Xbox One, Xbox Series S, Xbox Series X
0
Elex II digadang-gadang menawarkan pengalaman bermain game RPG yang lebih baik dari seri pertamanya. Penasaran seperti apa? Simak review kami

Elex II digadang-gadang menawarkan pengalaman bermain game RPG yang lebih baik dari seri pertamanya. Penasaran seperti apa? Simak review kami

Share ke FacebookShare ke TwitterShare ke Telegram

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ada begitu banyak gamer yang doyan memainkan game-game RPG, terutama untuk PC dan konsol yang memang menawarkan pengalaman bermain yang sangat imersif. Namun, terkadang tidak semuanya berhasil memuaskan hasrat para gamer. THQ Nordic bersama Piranha Bytes baru-baru ini telah resmi merilis Elex II.

Menawarkan dunia open-world yang lebih masif dengan latar belakang sci-fi sebagai basis utamanya, Elex II digadang-gadang menawarkan pengalaman bermain game RPG yang lebih baik dari seri pertamanya. Apakah benar akan seperti itu? Kebetulan kami mendapatkan untuk review game tersebut. Mari simak!

Presentasi RPG yang Sebenarnya Bagus

Kamu akan berperan sebagai karakter bernama Jax, pasukan yang terlihat biasa saja namun ingin menyelamatkan dunia namun sayangnya tidak ada yang mengenal dan mempercayai dia. Ia mendapatkan infeksi dari gigitan alien dan memiliki kekuatan khusus. Tujuan utamanya untuk menyatukan semua faksi dan mengusir alien jahat tersebut dari buminya.

Objektif utama pemain adalah untuk “menaklukan” semua pemimpin berbagai faksi yang ada. Menaklukan disini bukan berantem, tapi mengambil hatinya untuk percaya kepada karaktermu. Jadi, kamu bakal menghabiskan banyak waktu untuk menyanggupi berbagai permintaan mereka.

Elex II
Saya sendiri cukup menyukai game-game yang memberikanmu kebebasan untuk menjelajahi dunia dan kebebasan untuk menyelesaikan sebuah misi. Contohnya misalnya ada salah satu faksi- Berserkers, mereka tidak akan membiarkanmu masuk ke kotanya dengan alasan apapun. Jadi kamu harus mencari cara apapun untuk bisa menyelinap kesana. Bisa menggunakan jetpack dan terbang, atau diam-diam masuk lewat tempat tersembunyi.

Ada berbagai sentuhan menarik digamenya, misalnya ada NPC yang bisa marah ke karaktermu karana mengajak bicara ketika mereka sedang ngobrol dengan orang lain. Hal tersebut bisa menghancurkan hubunganmu dengannya, menurut saya hal tersebut cukup menarik.

Elex IIElex II
Berbicara mengenai NPC dan doalognya. Game ini memiliki presentasi yang mirip yang dengan Mass Effect. Saya sendiri tidak selalu menyukainya karena arah orang berbicara ketika sebuah dialog muncul maka kamera akan langsung bergerak ke karakter tersebut, terkadang pergerakan kameranya membuat pusing karena terlalu cepat dan aneh bahkan terkesan membosankan.

Mekanisme Gameplay yang Ditawarkan

Jika presentasinya menurut saya sudah lumayan bagus. Namun sayangnya untuk gameplaynya sendiri kurang memuaskan bahkan terkesan sangat buruk untuk sebuah game RPG.

Jika dilihat dari trailer dan deskripsi gamenya sendiri, ELEX II memiliki gameplay dengan tingkat kesulitan yang tinggi layaknya Dark Souls. Namun, sulit jika tanpa keseruan dalam bertarung tentu saja sangat percuma dan malah bikin sekedar frustasi.

Gamenya sendiri memiliki mekanisme yang cukup menyulitkan dan menyebalkan. Kamu memiliki sebuah “bar stamina” yang akan berkurang seiring kamu menghempaskan serangan layaknya game souls-like. Namun, hampir setiap musuh yang kamu lawan membutuhkan semua stamina yang dimiliki untuk bisa mengalahkannya. Artinya, segala jenis pertarungan sangat berat dan malah terkesan bikin cape tanpa keseruan.

Elex II
ELEX II sepertinya ingin memiliki mekanisme game yang sulit seperti seri Dark Souls namun gagal dalam menirunya. Kamu memiliki serangan besar dengan senjata dan juga serangan ringan dengan tendangan kaki. serangan biasa menggunakan senjata terasa sangat lambat dan serangan ringan benar-benar tak berasa ke lawan. Kamu bisa melakukan “Charge Heave AttacK” namun animasinya terlalu panjang, tidak enak diliat dan tak bisa menikmatinya.

Selain itu, presentasi dunia open-world yang ditawarkan juga terbilang tidak bagus, khususnya pada skala level pemain. Ketika baru mulai main, saya sering banget nemu lawan yang diatas level yang tentunya tidak mungkin untuk dikalahkan karena musuh yang selevel saja menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk bisa mengalahkannya.


Para pemain bisa memperkuat dirinya dengan berbagai equip. Namun,  kebanyakan equip yang kamu temukan di tempat baru selalu membutuhkan level atau stats yang lebih tinggi. Bahkan saya ketika awal pemain telah menemukan beberapa senjata dan hampir semuanya tidak bisa langsung dipakai karena kurangnya persyaratan level atau stats.

Visual yang Terlalu Generik

Kami tidak akan mengatakan kualitas visual sekedar bagus. Karena memang zaman sekarang sudah banyak game yang menawarkan kualtias grafis fantastis. Namun untuk ELEX II, kualitas visualnya benar-benar parah dan tanpa arah yang jelas. Kamu akan melihat banyak asset visual seperti NPC dan objek yang terlihat sangat generik dan tidak unik.


Bahkan si Jax sang protagonis terlihat biasa aja tanpa bentuk fisik yang istimewa. Bahkan berbagai alien atau monster mutant yang ada disekitar dunianya juga tak terlalu menarik, kebanyakan dari mereka cuma bermodal suara teriak saja. Ngeselinnya lagi, pada PS5 terdapat masalah performa, terkadang terdapat screen tearing yang cukup menganggu.

Kesimpulan

Saya tidak bilang kalau setiap game harus memiliki mekanisme gameplay atau presentasi yang sempurna. Namun, ELEX II harus menyadari bahwa gamenya benar-benar buruk untuk sebagian besar porsi yang mereka tawarkan dan malah terkesan game yang “sekedar jadi” saja.

Presentasi open-world yang tidak terlalu istimewa, hingga mekanisme bertarung yang benar-benar membuat frustasi tanpa keseruan. Ada berbagai hal untuk mengerjakan sesuatu yang sebenarnya bisa dibuat simpel namun jadi terlihat rumit. Bahkan mereka menambahkan fitur baru Jetpack yang sebenarnya tak terlalu berguna dibanding mereka harus memoles gamenya menjadi lebih baik.

Menurut saya setidaknya daripada menambahkan berbagai fitur yang, sebaiknya sang developer bisa memoles gamenya menjadi lebih baik lagi dengan membuat solid konten mereka untuk mekanisme bertarung atau dunia open-world yang lebih variatif.

Elex II sendiri resmi dirilis untuk PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X/S, dan juga PC

Pastikan untuk mengikuti perkembangan berita game lainnya di Gamerwk.

Hi guys, kami akhirnya sudah punya akun X dan YouTube resmi! Langsung saja follow:
 
Follow @GamerwkID
 

Jangan lupa untuk cek channel TikTok kami!
@gamerwk_id

The Review

Elex II

5 Score

PROS

  • Sistem quest dan interaksi yang cukup bagus

CONS

  • Mekanisme bertarung yang membosankan
  • Kualitas visual yang terlihat generik

Review Breakdown

  • 5 0
Tags: Elex IIPiranha BytesTHQ Nordic
ShareTweetShare
Previous Post

Game Metroidvania ‘Overlord: Escape from Nazarick’ Siap Dirilis Musim Panas 2022

Next Post

Semua Informasi Mengenai Granblue Fantasy Relink, Salah Satu Game Paling Dinanti di 2022

Related Posts

Cygames telah meresmikan brand barunya yang diberi nama CygamesEdge serta Where the Winds Fall sebagai game debutnya
Berita

Cygames Resmikan Brand Baru Bernama CygamesEdge dan Game Pertama Timnya

September 4, 2026
Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Katanya karena hardware makin naik.
Android

Xbox Cloud Gaming Bakal Dibatasi Maksimal 15 Jam per Bulan

September 4, 2026
Sony ikut meramaikan hype GTA lewat hardware baru yang diperlihatkan dalam rangkaian State of Play berupa DualSense.
Berita

Sony Umumkan DualSense Edisi GTA 6 Seharga 1,5 Juta Rupiah

September 4, 2026
Pearl Abyss resmi ngumumin Charting the Unknown, DLC cerita pertama buat Crimson Desert yang ternyata nggak perlu ditunggu lama.
Berita

Crimson Desert Dapatkan DLC Eksplorasi Bawah Laut dan Naval Combat

September 4, 2026
Wawancara Final Fantasy Resonance – Pentingnya Membangkitkan Pesona Klasik yang Dirindukan Fans!
Konsol

Wawancara Final Fantasy Resonance – Pentingnya Membangkitkan Pesona Klasik yang Dirindukan Fans!

September 4, 2026
Konami kemarin malam resmi mengumumkan proyek game original barunya yang dikemas sebagai action adventure berjudul Rhapsody in Scarlet
Berita

Rhapsody in Scarlet Diumumkan, Game Action Adventure Original Terbaru dari Konami

September 4, 2026
Next Post
Rangkuman semua informasi penting yang sudah diketahui dari game action RPG Granblue Fantasy Relink

Semua Informasi Mengenai Granblue Fantasy Relink, Salah Satu Game Paling Dinanti di 2022

Discussion about this post

FACEBOOK KAMI

YOUTUBE KAMI

TWITTER/X KAMI

Follow @GamerwkID

UPDATE MOBILE GAMES

Blizzard kini sudah memulai fase soft launch untuk game mobile Overwatch Rush di beberapa wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia

Overwatch Rush Sudah Memasuki Fase Soft Launch di Indonesia

by Fadhil
September 4, 2026
0

Blizzard kini sudah memulai fase soft launch untuk game mobile Overwatch Rush di beberapa wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Katanya karena hardware makin naik.

Xbox Cloud Gaming Bakal Dibatasi Maksimal 15 Jam per Bulan

by Taufik
September 4, 2026
0

Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Mulai November, setiap paket Game Pass cuma...

Tanpa diduga, Studiobside telah mengumumkan lanjutan CounterSide yang EOS minggu lalu lewat game baru berjudul COUNTERSIDE:A [ANTEXILIAN]

CounterSide Umumkan Game Barunya yang Diberi Judul COUNTERSIDE:A [ANTEXILIAN]

by Fadhil
September 2, 2026
0

Tanpa diduga, Studiobside telah mengumumkan lanjutan CounterSide yang EOS minggu lalu lewat game baru berjudul COUNTERSIDE:A .

Akses pra-registrasi untuk BLEACH Mirrors High kini sudah tersedia via platform Google Play dan App Store

Pra-Registrasi BLEACH Mirrors High Sudah Dibuka yang Janjikan Banyak Reward Menarik!

by Fadhil
September 2, 2026
0

Akses pra-registrasi untuk BLEACH Mirrors High kini sudah tersedia via platform Google Play dan App Store.

Baru sebulan sejak rilis, Suikoden STAR LEAP sudah siap mendapatkan update besar yang langsung dipuji pemain Jepang.

Baru Sebulan Rilis, Update Besar Suikoden STAR LEAP Dipuji Pemain Jepang

by Taufik
September 2, 2026
0

Baru sebulan sejak rilis, Suikoden STAR LEAP sudah siap mendapatkan update besar yang langsung dipuji pemain Jepang. Game free-to-play yang...

  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami

© 2020 - 2025 Digital Braves Media Group Sdn Bhd

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4

© 2020 - 2025 Digital Braves Media Group Sdn Bhd