gamerwk.com
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4
No Result
View All Result
gamerwk.com
No Result
View All Result

Review F1 24 – Improvisasi Minim dengan Handling ‘Menantang’

Taufik by Taufik
May 31, 2024
in Berita, Konsol, PC, PlayStation 5, Review, Xbox Series S, Xbox Series X
0
Kami mendapatkan kesempatan untuk main dan nyobain F1 24. Apakah sesuai dengan ekspetasi para gamer dan fans? Mari simak!

Kami mendapatkan kesempatan untuk main dan nyobain F1 24. Apakah sesuai dengan ekspetasi para gamer dan fans? Mari simak!

Share ke FacebookShare ke TwitterShare ke Telegram

Ada begitu banyak game balapan yang bisa dinikmati oleh para gamer. Namun jika ditanya mana salah satu yang paling seru, F1 sebagai pinnacle of motorsport memang memiliki keunikannya tersendiri. Terlepas dari popularitasnya, adaptasi gamenya memang tidak melulu selalu mendapatkan resepsi positif, apakah F1 24 bakal memuaskan para gamer?

Kami mendapatkan kesempatan untuk main dan nyobain F1 24. Apakah sesuai dengan ekspetasi para gamer dengan perombajakan yang mereka janjikan pada fitur handling dan career mode? Mari simak artikelnya!

Handling yang “Menantang”

Saya langsung berbicara ke inti utama dari game F1, yaitu balapan. F1 24 hadir dengan handling baru yang mereka sebut dengan Dynamic Handling. Bagus atau tidaknya tergantung persepektif para pemain. Tujuan utama fitur ini adalah untuk membuat game semakin realistis. Saya pribadi memainkannya menggunakan DualSense di PlayStation 5.

Contoh yang paling kerasa adalah sekarang ban memiliki grip yang sangat kuat. Traction control menjadi lebih sulit menurut kami karena mobil jadi gampang terpleset jika sedikit saja kamu salah langkah dalam mengendalikan mobil. Ini memang jadi semakin realistis, tetapi disisi lain membuat jadi lebih lebih sulit atau lebih tepatnya menantang.

Disisi lain, temperatur ban disini juga sangat berpengaruh dan degradasi ban bisa bisa menjadi hal krusial. Sebagai tambahan, mengendalin mobil saat cuaca gerimis atau hujan menjadi jauh lebih sulit untuk mendapatkan grip. Rasanya seperti mengendalikan mobil di lantai yang basah, mobil akan sangat gampang terpleset atau spin.

Hal lain yang positif adalah model aerodynamic yang lebih realistis. Gampangnya adalah efek downfoce semakin berasa, terutama di bagian Wings dan Floor dan ini berimbas efek slipstream yang semakin kuat. Imbasnya, jika saya sedang berada dibelakang mobil lawan, saya sangat gampang melakukan overtake dengan Drag Reduction System (DRS) yang semakin di improve.

Driver Career Mode Jadi yang Utama

Satu perbedaan yang paling mencolok dari segi fitur adalah perombakan pada mode Driver Career. Kini kamu bisa menggunakan pembalap F1 realistis, entah yang sedang berada di grid musim ini, F2, atau beberapa ikon terkenal seperti Michael Schumacher, Ayrton Senna, Kamui Kobayashi, dan lain-lain. Disisi lain, kamu juga tetap bisa membuat karakter sendiri seperti biasa.

Jika kamu memutuskan menggunakan pembalap F1 saat ini, kamu tidak bisa memilih team dan terpaku sesuai real life. Namun, jika kamu menggunakan pembalap F2 atau ikon, bisa menentukan team F1 mana yang ingin digunakan. Jika kamu ingin membuat karakter sendiri, bisa dari F2 atau langsung terjun ke F1. Ada kehadiran fitur Academy, jadi jika kamu menjadi Ferrari Driver Academy, kemungkinan Ferrari merekrutmu akan lebih besar.

Jika sudah menentukan team, para pemain akan dituntut untuk meningkatkan Driver Recognition lewat sistem yang baru. Ini akan berpengaruh jika kamu ingin melakukan berbagai upgrade mobil dan berujung pada performa di grid. Semakin bagus performa kamu dibanding rekan satu tim, makin akan semakin tinggi Recognition yang didapatkan.

Ada juga kehadiran Secret Meetings. Ini bertujuan untuk team lain secara diam-diam merekrut kamu. Misalnya kamu sedang berada di Mercedes, namun diam-diam Aston Martin ingin merekrutmu. Meskipun ujung ujungnya kamu bisa menentukan ke team manapun di akhir musim (jika performa bagus), ini adalah gimmick yang positif dan menambah kesan realistis menurut saya.

MyTeam Tidak Ada Perubahan Signifikan

Menurut saya MyTeam tidak mendapatkan perbedaan yang terasa seperti Driver Career. Satu-satunya yang sangat positif adalah kehadirannya cutscene baru di awal. Yang paling kerasa adalah cutscene di awal game yaitu showcase livery mobil, sangat keren melihat livery team yang kamu buat diperlihatkan begitu indah. Sebuah tambahan yang cukup bagus.

Selain itu, ada juga gimmick baru seperti R&D Scenario. Jadi setiap awal musim kamu bisa menciptakan skenario unik agar game jadi lebih menantang. Seperti misalnya cuma boleh upgrade mobil bagian aero, atau High Inflation yang membuat harga upgrade mobil jadi lebih mahal.

Selain itu, kini ada juga Challenge Career. Pemain akan adu dengan pemain lainnya. Dalam Challenge Career, kamu ditempatkan pada posisi pembalap dan tim yang sudah ada, dengan acara yang sama untuk semua pemain. Menyelesaikannya akan memberi kamu poin dan tempat di leaderboard secara global. Di akhir musim setelah beberapa minggu, pemain dengan poin terbanyak akan dinobatkan sebagai juara Challenge Career.

Sedikit Update Track, Kualitas Grafisu Gitu-Gitu Saja

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang mencolok dari segi kualitas grafis. Saya yang sudah memainkan F1 23 cukup sering dan tidak ada perbedaan yang kerasa. Karena memang pada dasarnya game ini masih menggunakan engine yang sama selama beberapa tahun belakangan ini.

Beberapa hal yang positif adalah kini beberapa track mendapatkan update. Seperti misalnya Spa sebagai salah satu sirkuit yang ikonik kini sudah sangat mirip seperti yang ada di dunia nyata. Ini juga berlaku bagi beberapa sirkuit seperti Silverstone, Lusail International, dan Jeddah Corniche.

Selain itu, semua driver di tahun 2024 juga terlihat lebih mirip dengan apa yang ada di dunia nyata. Mulai dari gesture muka, hingga gaya rambut. Sekarang driver utama tersebut tidak selalu menggunakan topi, tetapi juga disematkan gaya rambut untuk menambah kesan realistis.

Kesimpulan

F1 24 adalah game yang bagus dengan beberapa gimmick tambahan untuk membuatnya seakan-akan terlihat sebuah game baru. Handling yang kini menjadi semakin realistis menjadi tantangan dan keseruan tersendiri bagi saya. Driver Career juga membuat mode ini menjadi semakin seru dan bervariasi untuk terus dimainkan, alih-alih monoton seperti di F1 23.

Namun menurut kami perubahan tersebut masih kurang banyak untuk dianggap sebuah game yang benar-benar baru. Masih banyak hal yang kurang dan belum menjadi perhatian serius seperti misalnya MyTeam yang terlihat diabaikan dan tidak menambahkan perubahan yang berarti dari sisi gameplay dibanding tahun lalu. Untungnya, kami tidak menemukan bug yang mengganggu.

F1 24 sudah resmi rilis dan bisa dimainkan untuk PlayStation 5, Xbox Series, dan juga PC. Kamu bisa kunjungi situs resminya DI SINI untuk berbagai informasi lebih lanjut.

Pastikan untuk mengikuti perkembangan berita game lainnya di Gamerwk.

Hi guys, kami akhirnya sudah punya akun X dan YouTube resmi! Langsung saja follow:
 
Follow @GamerwkID
 

Jangan lupa untuk cek channel TikTok kami!
@gamerwk_id

The Review

F1 24

6.5 Score

PROS

  • Sistem handling yang baru membuat game jadi realistis dan menantang
  • Driver Career jadi bervariasi dan tidak monoton
  • Presentasi sirkuit yang sudah di update dan mirip seperti dunia nyata

CONS

  • Kualitas grafis yang tidak berubah selama bertahun-tahun
  • MyTeam tidak mendapatkan perhatian
  • Handling mungkin akan terasa sangat sulit bagi sebagian pemain, terutama dalam kondisi basah

Review Breakdown

  • 6.5 0
Tags: Electronic ArtsF1 24Review
ShareTweetShare
Previous Post

Granblue Fantasy Relink Akhirnya Rilis Update 1.3, Size Download 4.5 GB

Next Post

Game AAA NetEase – Where Winds Meet Juga Akan Rilis untuk PlayStation 5

Related Posts

Cygames telah meresmikan brand barunya yang diberi nama CygamesEdge serta Where the Winds Fall sebagai game debutnya
Berita

Cygames Resmikan Brand Baru Bernama CygamesEdge dan Game Pertama Timnya

September 4, 2026
SEGA/ATLUS akan membuka booth yang megah di Tokyo Game Show 2026 dengan highlight utama pada STRANGER THAN HEAVEN dan Persona 4 Revival
Berita

SEGA/ATLUS Siapkan Booth yang Lebih Megah untuk Tokyo Game Show 2026

September 4, 2026
Blizzard kini sudah memulai fase soft launch untuk game mobile Overwatch Rush di beberapa wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia
Android

Overwatch Rush Sudah Memasuki Fase Soft Launch di Indonesia

September 4, 2026
Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Katanya karena hardware makin naik.
Android

Xbox Cloud Gaming Bakal Dibatasi Maksimal 15 Jam per Bulan

September 4, 2026
Sony ikut meramaikan hype GTA lewat hardware baru yang diperlihatkan dalam rangkaian State of Play berupa DualSense.
Berita

Sony Umumkan DualSense Edisi GTA 6 Seharga 1,5 Juta Rupiah

September 4, 2026
Pearl Abyss resmi ngumumin Charting the Unknown, DLC cerita pertama buat Crimson Desert yang ternyata nggak perlu ditunggu lama.
Berita

Crimson Desert Dapatkan DLC Eksplorasi Bawah Laut dan Naval Combat

September 4, 2026
Next Post
Tidak hanya PC, nantinya Where Winds Meet juga dipastikan ikut rilis untuk platform PlayStation 5

Game AAA NetEase - Where Winds Meet Juga Akan Rilis untuk PlayStation 5

Discussion about this post

FACEBOOK KAMI

YOUTUBE KAMI

TWITTER/X KAMI

Follow @GamerwkID

UPDATE MOBILE GAMES

Blizzard kini sudah memulai fase soft launch untuk game mobile Overwatch Rush di beberapa wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia

Overwatch Rush Sudah Memasuki Fase Soft Launch di Indonesia

by Fadhil
September 4, 2026
0

Blizzard kini sudah memulai fase soft launch untuk game mobile Overwatch Rush di beberapa wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Katanya karena hardware makin naik.

Xbox Cloud Gaming Bakal Dibatasi Maksimal 15 Jam per Bulan

by Taufik
September 4, 2026
0

Xbox bakal mulai membatasi waktu main lewat cloud gaming buat pelanggan Game Pass. Mulai November, setiap paket Game Pass cuma...

Tanpa diduga, Studiobside telah mengumumkan lanjutan CounterSide yang EOS minggu lalu lewat game baru berjudul COUNTERSIDE:A [ANTEXILIAN]

CounterSide Umumkan Game Barunya yang Diberi Judul COUNTERSIDE:A [ANTEXILIAN]

by Fadhil
September 2, 2026
0

Tanpa diduga, Studiobside telah mengumumkan lanjutan CounterSide yang EOS minggu lalu lewat game baru berjudul COUNTERSIDE:A .

Akses pra-registrasi untuk BLEACH Mirrors High kini sudah tersedia via platform Google Play dan App Store

Pra-Registrasi BLEACH Mirrors High Sudah Dibuka yang Janjikan Banyak Reward Menarik!

by Fadhil
September 2, 2026
0

Akses pra-registrasi untuk BLEACH Mirrors High kini sudah tersedia via platform Google Play dan App Store.

Baru sebulan sejak rilis, Suikoden STAR LEAP sudah siap mendapatkan update besar yang langsung dipuji pemain Jepang.

Baru Sebulan Rilis, Update Besar Suikoden STAR LEAP Dipuji Pemain Jepang

by Taufik
September 2, 2026
0

Baru sebulan sejak rilis, Suikoden STAR LEAP sudah siap mendapatkan update besar yang langsung dipuji pemain Jepang. Game free-to-play yang...

  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami

© 2020 - 2025 Digital Braves Media Group Sdn Bhd

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobile Games
    • iOS
    • Android
  • Konsol
    • PlayStation 4
    • PlayStation 5
    • Nintendo Switch
    • Xbox One
    • Xbox Series S
    • Xbox Series X
  • PC
  • Opini
  • Wawancara
  • Situs Saudara
    • Wanuxi
    • GamerBraves
    • Gamer Santai
    • Gamer555
  • Borderlands 4

© 2020 - 2025 Digital Braves Media Group Sdn Bhd